Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Umbaran

Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Umbaran

Banyaknya penghobi ayam bangkok tentu saja membuka kesempatan untuk mencoba peruntungan memulai usaha untuk beternak ayam bangkok. Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, tentu saja anda membutuhkan kandang untuk ayam bangkok.

Untuk tipe kandang yang paling ideal untuk memulai usaha ternak ayam bangkok adalah tipe kandang ayam bangkok umbaran. Pemeliharaan ayam bangkok menjadi juara sabung ayam juga tidak sulit karena hanya perlu memberikan ayam makan pada pagi dan sore hari serta selalu menjaga kebersihan kandang agar terhindar dari serangan penyakit.

Berikut ini adalah cara membuat kandang ayam bangkok umbaran:
1. Pagar Keliling
Tentu saja anda harus membuat pagar keliling untuk menutup kandang umbaran. Buatlah pagar dengan ukuran tinggi 2 meter agar ayam tidak bisa keluar dari kandang, dan juga dapat mencegah maling yang ingin mencuri. Gunakan bahan seadanya seperti seng bekas atau bambu untuk meminimalisir biaya pembuatan kandang. Jika anda menggunakan bambu, maka berikanlah semen di bagian bawah bambu agar bisa bertahan lama.

2. Tempat Makan dan Minum
Jika anda memiliki banyak ayam yang akan di ternak, gunakan papan bekas, bambu atau paralon untuk membuat tempat makan dan minum ayam bangkok. Yang pasti bersihkan dulu tempat makannya agar terhindar dari penyakit. Tempat pakan yang kotor bisa menjadi sarang penyakit bakteri tumbuh, bahkan tempat cacing berkembang biak. Ayam yang sehat tentu saja menghasilkan ayam berkualitas untuk menjadi juara sabung ayam.

3. Tempat Bertengger
Ayam jenis apapun termasuk ayam bangkok sangat suka bertengger di atas ketinggian pada saat malam hari. Untuk itu di dalam area kandang berikan tempat bertengger sebagai tempat tidur ayam. Selain itu tempat ini juga bisa melindungi ayam dari pemangsa lain.

4. Kandang Bertelur
Kandang Umbaran memiliki multifungsi untuk ayam bangkok kesayangan anda. Bukan hanya sebagai tempat istirahat atau tidur, kandang umbaran juga bisa digunakan ayam untuk kawin dan bertelur. Untuk ukuranya sendiri bisa disesuaikan dengan ukuran perkarangan yang sudah anda siapkan.

5. Kandang Brooder
Kandang ini dipelrlukan untuk  ayam bangkok yang baru menetasdan tambahkan lampu 5 watt sebagai pemanas. Pastikan kandang brooder tertutup rapat untuk mencegah angin masuk berhembus kedalam kandang. Hal ini diperlukan untuk mencegah angin membawa bibit penyakit dari lingkungan luar.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Umbara yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *