Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Bangkok

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Bangkok Kualitas Juara

Memulai usaha ternak ayam bangkok terbilang mudah, mungkin terlihat sulit diawalnya saja untuk mendapatkan bibit ayam bangkok asli (f1) karena banyak yang sudah mengawinsilangkan ayam bangkok sabung ayam dengan ayam jenis lainnya.

Cara memulai usaha ternak ayam bangkok adalah sebagai berikut:
1.Pilih bibit unggul
Sebagai bibit unggul, pilihlah ayam bangkok dengan kualitas terbaik. Ini merupakan investasi jangka panjang yang dapat dinikmati kemudian hari. Ada kualitas tentu ada harga. Sebaik apapun merawat bibit yang berkualitas kurang tentu hasilnya tidak akan sebagus ayam yang berkualitas. Satu hal yang perlu diketahui adalah sabung ayam yang akan laku di pasaran adalah ayam bangkok dengan kualitas bagus. Mungkin anda bisa menjual ayam bangkok dengan kualitas standart, tapi percayalah usaha tersebut tidak akan bertahan lama.

Untuk itu perlu mengetahui ciri ciri bibit ayam bangkok dengan kualitas super. Ciri cirinya adalah:
– Memiliki mata yang bening, tidak kotor dan tidak berair
– Bentuk badan normal, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk
– Postur tubuh ideal dan tegap
– Bentuk tubuh atletis
– Bentuk kaki kekar dan kokoh (biasanya bewarna kuning)

Jika anda melakukan usaha ternak ayam bangkok untuk mencetak calon juara sabung ayam, carilah indukan yang memiliki mental bertarung. Hal ini cukup penting karena sejujurnya melatih mental ayam bangkok cukup sulit. Jika anda mendapatkan bibit sabung ayam dengan mental juara maka akan sangat baik karena keturunannya kemungkinan memiliki mental bertarung dari faktor genetik indukannya.

2. Siapkan Kandang Umbaran
Kandang umbaran juga bisa digunakan sebagai kandang kawin ayam bangkok. Ayam bangkok betina dan jantan akan lebih baik dimasukan kedalam kandang untuk proses perkawinan sehingga menjadi lebih alami dibanding dikawinkan paksa.

Jika sudah di letakkan dalam satu kandang, sekitar 1-2 bulan biasanya ayam betina akan mulai bertelur. Sebelum bertelur biasanya ayam betina memiliki perilaku yang aneh. Jika ayam bangkok betina sudah mulai bertelur, pisahkan dengan ayam bangkok jantan. Hal ini bertujuan agar ayam betina merasa lebih nyaman dan aman untuk mengerami telurnya. Proses pengeraman telur biasanya berlangsung selama 21 hari. Setelah itu, telur akan menetas menjadi anak ayam. Selama proses ini biarkan ayam betina dan anak anak ayam tetap terpisah dengan ayam jantan karena biasanya ayam betina akan lebih bersifat agresif.

3. Berikan Pakan Berkualitas
Ayam bangkok sebenarnya termasuk dalam kategori hewan omnivora, yaitu pemakan segalanya. Biasanya ayam bangkok diberi makan dengan beras atau jagung. Namun untu mendapatkan hasil yang baik, ayam bangkok harus diberikan makanan sesuai dengan umurnya.

Untuk ayam bangkok yang baru lahir hingga umur 3 bulan, berikan makanan yang mengandung banyak zat besi dan kalsium untuk membantu pembentukan otot dan tulang. Bisa berikan susu bayi kalengan atau voor 592. Lewat usia 3 bulan, anda dapat meneruskan pemberian makanan ini hingga berumur 6bulan. Tapi ingat berikan voor dengan tekstur yang sedikit kasar (jangan terlalu keras) dan jangan telalu lembek. Selain voor, bisa juga campurkan sedikit nasi saja.

Ayam bangkok yang berusia 6 bulan keatas, latih ayam dengan memberi makan dengan tekstur yang agak kasar. Berikan pakan seperti beras, jagung, kedelai, dan lain sebagainya. Pada usia ini ayam membutuhkan asupan protein yang cukup agar badannya semakin atletis.

4. Perhatikan Kebersihan Kandang
Meski terlihat sepele, kandang ayam merupakan salah satu penentu kesuksesan dan keberhasilan dari usaha ternak ayam bangkok anda sendiri. Kandang yang bersih akan mendukung perkembangan dan pertumbuhan ayam bangkok. Ayam bangkok bisa menjadi lebih sehat, segar dan tentunya besar. Oleh sebab itu jaga kebersihan kandang ayam dengan membersihkan minimal dua kali sehari. Bersihkan kandang ayam dari kotorannya, dan juga jangan lupa untuk membersihkan tempat makan dan minum ayam agar tidak mengandung bakteri dan mengundang penyakit.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Bangkok Kualitas Juara yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *