Kepopuleran Jenis Ayam Bangkok Pelung Bersuara Merdu Asli Cianjur

Kenali Kepopuleran Jenis Ayam Bangkok Pelung Bersuara Merdu Asli Cianjur

Dalam dunia sabung ayam, jenis ayam bangkok pelung merupakan trah ayam yang berasal dari Indonesia tepatnya pada daerah Cianjur. Ayam pelung sendiri memiliki ciri khas tersendiri yakni pada suara kokonya yang merdu sehingga membuat jenis ayam pelung menjadi terkenal di dunia sabung ayam.

Umumnya para bobotoh sabung ayam menyukai jenis ayam pelung dikarenakan memiliki kokok yang panjang serta nadanya yang merdu sehingga membuat jenis ayam pelung memiliki keistimewaan tersendiri dari jenis ayam bangkok lainnya. Faktanya ayam pelung mampu berkokok hingga mencapai waktu 1 menit dan yang paling lama 2 menit. Dimana durasi kokok sang ayam lebih lama dari jenis ayam bangkok lainnya.

Anda dapat membaca Ciri ayam bangkok asli Thailand Disini

Ayam Bangkok Pelung Bersuara Merdu

Menurut sejarah, ayam pelung pertama kali ditemukan dari Desa Buniasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat. Nama pelung sendiri diberikan oleh suku sunda dimana diambil dari kata melung yang memiliki arti suara mengalun merdu. Konon katanya, menurut sejarah ayam pelung mulai dikenal pertama kali pada tahun 1850. Dimana ayam jenis ini dikenalkan oleh seorang tokoh bernama H. Djakasih yang berhasil melakukan perkawinan silang dari ayam lokal Nusantara. Namun ada juga yang mengatakan sejarah ayam pelung mulai dikenal dari cerita rakyat dimana Pangeran Naruhito yang memberikan perhatiannya sehingga membuat ayam pelung menjadi terkenal di seluruh dunia.

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Pelung Bersuara Merdu

Selain di Indonesia, jenis ayam pelung juga terkenal di sejumlah negara-negar asing. Dimana biasanya mereka menjadikan ayam jenis ini sebagai hewan peliharaan yang unik. Untuk mengenali ayam pelung lebih dekat, berikut ciri-ciri khusus pada ayam pelung yang telah dilansir oleh arena laga ayam.

  • Pada dasarnya, bentuk dari ayam pelung hampir sama dengan jenis ayam kampung biasanya dimana memiliki tinggi sekitar 50 cm dan berat hingga mencapai 6 kg.
  • Ciri khas dari ayam ini sehingga membedakan dari jenis ayam biasanya adalah bentuk jenggernya yang tegak serta berwarna merah cerah
  • Memiliki tubuh kekar dan kokoh
  • Kombinasi warna bulu hitam dan merah
  • Selain itu kaki ayam pelung berwarna kebiruan dan lebih besar dari kenampakan ayam kampung lainnya.

Faktanya ketertarikan para bobotoh terhadap jenis ayam pelung sendiri dikarenakan suara berkokok nya. Maka tak jarang, ayam pelung sendiri sering kali diikutsertakan dalam sejumlah kontes sabung ayam. Dimana mereka mempertandingankan kemampuan dari koko ayam pelung ini. Namun ada juga para bobotoh sabung ayam yang melakukan usaha budidaya ayam bangkok pelung guna mendapatkan keuntungan dari penjualan ayam ini.

Harga Jual Ayam Bangkok Pelung Bersuara Merdu

Umumnya, ayam pelung dijual dengan sejumlah harga dimana harga ini dipatok sesuai dengan umur pada sang ayam, yakni seperti berikut

  • Untuk ayam pelung usia 1 sampai 3 bulan biasanya dipatok dengan harga 100 ribu – 200 ribu
  • Ayam pelung usia 3 hingga 6 bulan dibandrol dengan harga 400 ribu – 600 ribu
  • Dan untuk ayam pelung yang sudah dewasa dapat dipatok dengan harga hingga 1 juta lebih
  • Berbeda dengan ayam pelung yang memiliki kualitas serta sudah sering memenangkan kontes dapat dihargai hingga 10 juta ke atas.

Baca Juga :  Ayam Bangkok Yang Dihargai Ratusan Juta Rupiah

Demikianlah artikel yang bisa tim Situs Agen Judi Sabung Ayam Online berikan tentang Perbedaan Ayam Serama Dan Ayam Kate Di Dunia Sabung Ayam, Salam hangat  Sabung Ayam Online .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *