Jenis Kandang Ayam Bangkok, Ukuran, dan Cara Membuatnya

Kandang merupakan sarana penting untuk ayam bangkok. Kandang berfungsi sebagai tempat hidup dan berkembangnya ayam sejak usia muda. Kandang yang baik akan menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk ayam sendiri sehingga dapat membantu proses pertumbuhannya. Ayam bangkok yang sehat merupakan modal utama untuk mengadu ayam di sabung ayam. Berikut ini kami akan membahas mengenai jenis kandang ayam bangkok yang baik dan benar, namum sebelum membuatnya perhatikan dulu lokasi yang sesuai.

Untuk kandang ayam bangkok yang baik memerlukan lokasi ideal yang sesuai dengan syarat berikut:
– Lokasi kandang minimal 5 meter dari rumah atau kandang lain
– Berdiri di tanah datar
– Berada disekitar pepohonan yang dapat mengatur sirkulasi udara
– Berada di tempat yang cukup terkena sinar matahari
– Memiliki saluran air agar daerah kandang tidak tergenang
– Terdapat rumput disekitar kandang sebagai makanan pengganti

Berikut ini kami akan membahas mengenai jenis kandang ayam bangkok yang lengkap dengan ukuran dan cara membuatnya.
1. Kandang Umbaran
Jenis Kandang Ayam Bangkok, Ukuran, dan Cara MembuatnyaKandang umbaran adalah kandang multifungsi untuk ayam bangkok sendiri. Kandang tipe ini dapat digunakan sebagai kandang kawin, kandang umbaran dan juga untuk anak ayam yang berusia 1,5 – 3 bulan. Untuk ukuran yang ideal untuk kandang ini adalah panjang 1.5m, lebar 1m dan tinggi 2,5m. Untuk alasnya sendiri lebih baik menggunakan tanah yang dicampur pasir untuk membanti pembentukan struktur cakar dan jari ayam bangkok. Selain itu tambahakan tenggeran dari kayu di dalam kandang yang berfungsi sebagai tempat bermainnya.

 

 

2. Kandang Postal
Kandang postal dibuat khusus untuk anak ayam yang baru menetas. Karena ini untuk anak ayam, maka ukurannya pun lebi kecJenis Kandang Ayam Bangkok, Ukuran, dan Cara Membuatnyail dari kandang umbaran. Ukuran yang ideal adalah panjang 1m, lebar 0.8m dan tinggi 1m. Kandang postal dengan ukuran ini dapat menampung sekitar 10 – 15 ekor anak ayam. Untuk bagian dindingnya dapat menggunakan kawat sehingga dapat mengaitkan lampu bohlam di dalam kandang. Untuk bagian alasnya tambahkan sekam padi untuk menjaga kelembaban dalam kandang dan perlu diganti minimal 3 hari sekali.

 

 

 

3. Kandang Tidur
Jenis Kandang Ayam Bangkok, Ukuran, dan Cara MembuatnyaKandang ini dibuat hanya untuk khusus tidur ayam bangkok. Alas kandang ini berbentuk pangung dengan tinggi minimal 1.5m dari tanah untuk menghindari suhu tanah yang dingin saat malam hari.

Perlu diperhatikan untuk tiga jenis kandang ayam bangkok ini harus dilengkapi dengan wadah untuk pakan air minum ayam bangkok. Jaga kelembababan kandang agar ayam terbebas dari serangan penyakit. Pilihlah bahan atap yang tidak terlalu tebal namun juga tidak terlalu tipis. Pastikan juga pengaturan sirkulasi udara dan sanitasi yang merupakan salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan ayam bangkok dalam jangka panjang.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Jenis Kandang Ayam Bangkok, Ukuran, dan Cara Membuatnya yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *