Langkah-Langkah Merawat Ayam Aduan yang Sedang Mabung

Langkah-Langkah Merawat Ayam Aduan yang Sedang Mabung – Mabung atau nyulam merupakan salah satu proses pergantian bulu secara rutin yang dialami oleh ayam setiap tahunnya. Biasanya peristiwa mabung terjadi ketika sang ayam sudah menginjak usia lebih kurang 7-8 bulan. Dan dilanjutkan ke masa yang biasa dikenal dengan Ngurak. Ngurak terjadi lebih lama dan biasanya 10 bulan atau setahun sekali.

Sayangnya, seringkali para penghobi ayam aduan kurang memerhatikan keadaan ayam yang sedang mabung. Sebaliknya ayam yang sedang mengalami proses mabung pasalnya sangat memerlukan sekali perawatan lebih.

Hal ini dikarenakan sang ayam yang sedang membutuhkan banyak gizi, protein dan mineral serta vitamin yang cukup untuk mendongkrak keadaan fisik tubuhnya. Wajar saja, selama proses mabung, ayam aduan tentunya akan kehilangan kekuataan, mental, dan otot-ototnya akan menjadi lebih lemah.

Dan efek yang biasa terjadi apabila sang ayam sedang mengalami proses mabung yang biasa kita temui adalah seperti otot-ototnya akan menjadi lebih lembek, berat badan akan menurun serta keadaan mental yang tidak setabil, misalnya saja ayam tidak mau dipegang dan menjadi giras.

Namun apabila ayam aduan mengalami proses mabung yang cukup lama, anda dapat mempercepat prosesnya dengan melakukan beberapa Langkah Cepat Untuk Merontokkan Bulu Ayam Aduan Sedang Mabung

Dan pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai perawatan apa saja yang perlu dilakukan dalam merawat ayam sedang mengalami proses mabung atau pergantian bulu.

Berikut adalah Tips Merawat Ayam Aduan yang Sedang Mabung:

1. Tidak Melakukan Laga Abar

Jangan pernah sesekali anda melakukan laga adu atau abar pada ayam yang sedang mengalami proses mabung. Pasalnya selama proses mabung berlangsung, keadaan psikologis atau mental ayam berada dalam keadaan tidak stabil. Dan apabila hal ini terus dilakukan maka dapat secara langsung membuat sang ayam menjadi pedot atau jatuh mental.

2. Diberikan Pakan Ekstra

Selama proses mabung, ayam aduan tentunya sangat membutuhkan nutrisi yang ekstra agar tidak mengalami kekurangan zat-zat seperti vitamin, protein dan serat-serat lainnya. Pemberian pakan ekstra dapat anda terapkan selama proses mabung terjadi. Hal ini membantu agar otot ayam tidak terlalu kendor dan ringan.

Namun seperti biasa, pemilihan pakan juga harus diperhatikan serta jangan terlalu berlebihan memberikan pakan dikarenakan dapat membuat sang ayam menjadi kegemukan yang nantinya malah akan membuat pergerakan pada ayam menjadi lamban dan cepat lelah.

3. Pemberian Minyak Ikan

Selama proses mabung terjadi, pemberian minyak ikan minimal seminggu sekali atau seminggu dua kali dapat diterapkan. Minyak ikan yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan bulu pada ayam sangat cocok diberikan pada ayam yang mengalami proses mabung. Minyak ikan sendiri memiliki kandungan vitamin, protein, kalsium dan serat kasar yang baik untuk memenuhi gizi ayam yang sedang berganti bulu.

Adapun beberapa manfaat yang diberikan minyak ikan antara lain dapat anda baca di Khasiat Minyak Ikan Pada Ayam Aduan

4. Jangan Terlalu Sering di Umbar

Jangan terlalu sering mengumbar ayam aduan yang sedang mengalami proses ganti bulu. Hal ini dikarenakan panas matahari dapat memperlambat pertumbuhan bulu yang belum mecah. Meski sebelumnya banyak yang mengatakan bahwa dengan mengumbar ayam aduan akan membantu mempercepat proses mabung.

Namun sebaliknya, hal ini tidak bagus untuk bulu yang baru akan keluar. Jadi sebaiknya jangan terlalu sering mengumbar ayam. Cukup seminggu 2 kali saja untuk melemaskan otot-otot ayam dan juga jangan terlalu lama.

Dan apabila selama proses mabung, sang ayam mengalami kerusakan pada bulunya. Anda dapat mengikuti  Beberapa Cara Alami Menumbuhkan Bulu Ayam Bangkok Yang Rusak

Demikianlah artikel yang bisa tim situs agen judi sabung ayam online berikan tentang Langkah-Langkah Merawat Ayam Aduan yang Sedang Mabung, Salam hangat Tim Sabung Ayam Online .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *