Persiapan Utama Memulai Usaha Ternak Ayam Bangkok

Penghobi ayam bangkok di Indonesia yang semakin meningkat bisa menjadi kesempatan untuk memulai usaha ternak ayam bangkok. Permintaannya yang tinggi membuat harga ayam bangkok melambung tinggi.

Dalam memulai usaha, modal utama yang harus dimiliki adalah keberanian dan tekat yang kuat, ditambah keyakinan agar dapat sukses dimasa yang akan datang. Modal ini sangat diperlukan karena jika usaha yang kita jalani tidak membuahkan hasil yang optimal, kita tetap dapat menjalani usaha ini untuk bangkit lagi.

Untuk memulai usaha ternak ayam bangkok, berikut ini akan kami bahas persiapan untuk membuka usaha bangkok. Pemahaman ini sangat diperlukan untuk memulai usaha untuk mendapatkan kesuksesan.

1. Keahlian
Keahlian ini diperlukan untuk memulai usaha ternak ayam bangkok dalam skala besar. Pengetahuan ini seperti mengawinsilangkan ayam, perawatan dan pemeliharaan ayam bangkok itu sendiri. Keahlian ini bisa didapatkan seiring berjalannya waktu dan pengalaman anda sebagai peternak ayam. Selain itu bisa juga dengan melaukan tukar pikiran dengan sesama penghobi ayam bangkok atau botoh sabung ayam.

2. Modal Indukan
Untuk yang mau memulai usaha ternak ayam bangkok, tentu indukan adalah hal yang perlu diperhatikan. Sebagai modal, disarankan untuk memilih indukan ayam bangkok asli dari Thailand (f1). Jangan pernah mencoba untuk menggunakan indukan campuran atau keturunan dari jenis ayam lain (f2, f3, dst). Indukan yang baik akan menghasilkan keturunan ayam yang baik juga dan dapat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha ayam bangkok anda.

Memang untuk memperoleh indukan asli tentu kita harus mengeluarkan kocek yang lumayan. Untuk indukan ayam bangkok sepasang bisa bernilai hingga belasan juta rupiah. Namun dengan modal ini tentu juga akan menghasilkan nilai tambah yang besar di kemudian hari. Anak anak ayam hasil indukan tersebut pasti akan berkualitas sehingga akan cepat laku keras di pasaran dan pastinya trah juara sabung ayam.

3. Kandang dan Lokasi Usaha
Selain ayam bangkok yang menjadi modal, kandang dan lokasi usaha juga diperlukan sebagai modal dasar. Untuk lokasi usaha, sangat disarankan memilih lokasi yang mudah dijangkau dan harus jauh dari peterakan ayam lain (terutama peternakan ayam potong). Hal ini sangat perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan ayam bangkok sendiri. Anda bisa menggunakan perkarangan rumah sendiri jika lokasinya cukup untuk menampung ayam ayam anda, asal sesuai dengan syarat tersebut.

4. Pakan, Jamu, dan Vitamin
Formula yang tepat seperti pakan, jamu dan vitamin akan membuat ayam bangkok anda menjadi sehat dan kuat. Ayam bangkok uan ideal tentunya akan memberikan dampak baik untuk keturunannya. Pertumbuhan ayam yang cepat juga tentunya akan membuat keuntungan anda lebih cepat datang.

5. Latihan
Sebagai pengusaha ayam, tentunya anda harus mengetahui cara untuk menghasilkan ayam bangkok juara sabung ayam yang berkualitas. Latihan merupakan salah satu hal penting untuk membuat ayam bangkok anda kuat secara fisik dan mental. Untuk mengetahui secara jelas dan pasti tentunya akan dipengaruhi jam terbang anda sebagai peternak usaha ayam bangkok.

6. Pemasaran
Mulailah untuk mempelajari link link dari internet untuk memasarkan hasil ternak anda. Ketahuilah jenis ayam bangkok yang unggul di permintaan pasaran agar anda bisa menjadi juragan ayam di daerah anda sendiri. Pemasaran juga dapat dilakukan dari mulut ke mulut para penghobi ayam. Untuk itu perhatikan kualitas ayam bangkok yang anda hasilkan agar dapat menjadi usaha yang berkepanjangan.

Untuk memasarkannya, tidak ada salahnya anda bertukar pikiran dengan penghobi ayam yang sukses. Kemudian Amati, tiru, dan modifikasi apa yang sudah dilakukan lalu lakukan terhadap usaha peternakan ayam bangkok Anda.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Persiapan Utama Memulai Usaha Ternak Ayam Bangkok yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *