Rincian Biaya Untuk Modal Usaha Ternak Ayam Bangkok

Modal Usaha Ternak Ayam Bangkok

Bisnis ternak ayam bangkok sudah menjadi salah satu usaha dengan celah yang sangat cerah dan prospektif. Di pelosok desa, usaha ternak ayam bangkok ini sangat mudah dijumpai di rumahan warga atau secara kecil kecilan.

Ada juga yang menjalankan usaha ini sebagai sampingan untuk di adu sabung ayam ada juga yang sebagai peternak.  Dengan modal yang kecil usaha ternak ayam bangkok mampu meraup keuntungan yang besar. Bagi para penghobi ayam, usaha ini dapat menghasilkan untung hingga puluhan juta rupiah, terutama bagi mereka yang memasarkan sabung ayam untuk diadu.

Untuk memulai usaha, sebaiknya merincikan modal usaha ternak ayam bangkok untuk pertama kali buka. Rincian ini diperlukan untuk menghitung jumlah rugi atau utung dari usaha yang sedang dijalankan. Modal usaha ternak ayam bangkok ada 2, yaitu biaya investasi dan biaya produksi. Berikut penjelasannya:
? Biaya Investasi
1. Kandang Ternak Ayam Bangkok
Untuk besar kecilnya kadang harus disesuaikan dengan jumlah ayam bangkok yang akan anda ternakan. Hal ini bertujuan agar ukuran kandang dapat disesuaikan dengan jumlah ayam. Untuk membuat kandang juga sangat mudah. Cukup siapkan bambu atau sisa sia kayu bekas untuk kandang. Untuk biaya pembuatan ayam bangkok super menghabiskan total Rp 1 juta.
2. Induk Betina (kualitas disesuaikan) 4 ekor @ Rp 400.000 = Rp 1.600.000
3. Induk Jantan (kualitas disesuaikan) Rp 2 juta

Namun untuk modal awal sebaiknya memilih indukan yang berkualitas super atau ayam bangkok asli dari Thailand (f1). Meski harus merogoh kocek lebih besar, namun keuntungan yang di dapat juga pasti besar. Untuk modal awal investasi sebesar Rp 4.600.000. (Dengan perkiraan ilustrasi diatas).

? Biaya Produksi
1. Pakan ayam bangkok (pur, beras merah, cacing tanah, jagung, dsb) Rp 1,5 juta
2. Obat-obatan dan vitamin harga Rp 500 ribu
3. Biaya lain-lain tak terduga Rp 500 ribu
Untuk estimasi biaya produksi modal usaha ternak ayam bangkok sebesar Rp 2.000.000,-

Keuntungan Usaha Ternak Ayam Bangkok
Mari buat ilustrasi berdasarkan harga ayam di pasaran. Jika 1 ekor ayam betina menghasilkan 6 ekor ayam bangkok, maka total laba sebesar Rp 9.600.000 dengan rincian (4 induk ayam x 6 ekor anak x Rp 400.000).

Laba bersih yang didapat adalah sebesar Rp 3.000.000 yang merupakan pengurangan modal awal dan hasil penjualan ayam bangkok. Keuntungan ini bisa semakin banyak karena belum lagi dihitung dari penjualan telur ayam bangkok yang akan dijual, penjualan daging ayam bangkok yang sudah tidak produksi, harga jual ayam yang berkualitas untuk di adu dan penyusutan biaya investasi.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Rincian Biaya Untuk Modal Usaha Ternak Ayam Bangkok yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *