Tips Mengobati Ayam Aduan Yang Terkena Kurap dan Cara Mencegah

Ketika anda berada dalam dunia sabung ayam, pasti anda akan mengalami kejadian dimana sabung ayam anda terkena penyakit, seperti layaknya manusia , tentu saja sabung ayam milik anda bisa terserang penyakit jika tidak di berikan perawatan yang benar, dan kami akan memberikan tips Mengobati Ayam Aduan Yang Terkena Kurap.

Salah satu penyakit yang sering menyerang sabung ayam adalah penyakit kurap, Jenis penyakit yang satu ini dengan mudah akan menyerang sabung ayam jika kandangnya tidak bersih dan lembab. Penyakit kurap sabung ayam memang terkadang di anggap remeh oleh sebagian penggemar, padahal efek yang di timbulkan sangat serius jika tidak di tangani dengan tepat dan cepat.

Cara mengobati ayam aduan yang terkena kurap sebenarnya memang sudah ada dan cara mencegahnyapun sudah di temukan, Ciri-ciri ayam yang terkena penyakit kurap adalah menurunnya daya tahan tubuh sabung ayam milik anda dan menurunya nafsu makan dan berujung pada kematian, penyebab lainnya sabung ayam bisa terkena kurap adalah karena kurang di perhatikan fisik sabung ayam tersebut, kandang, dan pemberian pakan, bahkan beberapa penggemar ayam yang sudah tua mengatakan kurap bisa di sebabkan juga dari luka yang tidak di bersihkan dengan baik dan menjadi sebuah kurap.

Tips Mengobati Ayam Aduan Yang Terkena Kurap

Caranya mudah dengan memberikan obat yang di jual bebas di toko-toko unggas, namun memang obat kurap untuk sabung ayam tidak lah di jual dengan harga yang murah, maka dari itu kami tim sabung ayam online juga akan memberikan tips untuk mengobati kurap dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan minak rem yang bisa langsung di gosokan pada bagian kulit sabung ayam yang terkena penyakit kurap.

Namun jika ayam aduan anda masih memiliki bulu pada bagian yang terkena kurap, maka terlebih dahulu anda harus mencabut bulu-bulu tersebut hingga tidak tersisa, kemudian gosokan minyak rem dengan sikat gigi yang berbulu halus, dan lakukan perlahan sampai kurap tersebut rontok dari bagaian tubuh sabung ayam anda.

Setelah anda melakukan cara di atas dan kurap sudah mulai berkurang berikan minyak rem secukupnya saja, agar mencegah kurap datang kembali di tempat yang sama. kemudian letakan ayam anda di tempat yang tidak terkena sinar matahari, karena jika minyak rem terkena sinar matahari akan menimbulkan panas pada tubuh sabung ayam kesayangan anda.

Namun jika anda ingin tetap menjaga tulangan dan otot sabung ayam anda tidak kaku, bawalah ayam aduan anda di tempat yang bepasir untuk diumbar. Ini akan memberikan mereka kesempatan untuk kipuh atau mandi pasir. setelah tiga hari berlalu, oleskan kembali minyak rem secara tipis pada bagian yang sebelumnya terinfeksi kurap. Ulangi terus berselang 3 hari, dan anda akan segera melihat kemajuannya dalam waktu 1 minggu tersebut. Kulit ayam aduan anda yang pucat karena kurap akan kembali memerah.

Tips Mencegah Kurap Pada Ayam Aduan

Mencegah kurap menjangkit sabung ayam sangatlah penting untuk di ketahui, Karena penyakit yang satu ini sangat mudah menular. Langkah awal adalah bersihkan luka sabung ayam anda setiap kali selesai bertarung dengan kain basah dari air hangat, kemudian berikan antiseptik atau alkohol di bagian yang luka setelah bertarung. Jika anda melihat tanda-tanda ayam anda akan terkena kurap segera berikan penanganan yang tepat agar tidak menyebar ke banyak tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *