Atasi Persaingan Anak Ayam Aduan Agar Dapat Tumbuh Hingga Ideal

Atasi Persaingan Anak Ayam Aduan Agar Dapat Tumbuh Hingga Ideal

Dalam dunia sabung ayam online, merawat ayam aduan tentu menjadi tugas penting setiap bobotoh agar mendapat petarung berkualitas di arena laga. Terlebih pemberian perawatan kepada ayam yang masih berusia anakan dimana pada tahap ini ayam masih dalam kondisi rentan untuk mati sehingga harus adanya perawatan khusus.

Pada dasarnya, ayam yang berusia anakan menjadi kunci awal terbentuknya ayam petarung ideal. Namun tak jarang selama perawatan berlangsung, bobotoh sering kali mengalami masalah dalam prosesnya. Mulai dari masalah perebutan makanan hingga kekuasaan dikandang sehingga sering kali menjadi penyebab mental yang terganggu.

Simak Juga : Perawatan Anak Ayam Aduan Baru Menetas Agar Cepat Besar

Tentu hal ini secara tidak langsung akan kondisi pertumbuhan ayam menjadi terganggu. Maka dari itu, pada artikel kali ini sendiri, Tim Arena Laga akan menjelaskan sejumlah langkah yang dapat diterapkan dalam mengatasi persaingan anak ayam dalam.

Atasi Persaingan Anak Ayam Aduan Agar Dapat Tumbuh Hingga Ideal

1. Asupan Pakan Yang Maksimal

Persaingan anak ayam dalam berebut makanan memang sudah sering kali terjadi. Dimana hal ini membuat ayam menjadi kekurangan gizi dan kebutuhan nutrisi yang tidak tercukupi. Biasanya, persaingana antara anak ayam mulai terlihat ketika memasuki usia 2-3 minggu usai menetas dan penting bagi bobotoh untuk mencukupi kebutuhan pakan setiap ayam. Dengan tujuan tidak membuat ayam mogok makan sehingga pertumbuhan terhambat.

2. Membatasi Jumlah Anak Ayam Di Kandang

Membatasi jumlah anak ayam dalam satu kandang juga harus diperhatikan guna mengatasi persaingan hidup. Pasalnya menempatkan anak ayam dalam satu kandang dalam jumlah berlebih tentu akan menjadi masalah serius. Mulai dari perebutan pakan hingga diskriminasi dari anak ayam yang lebih kuat. Tak jarang, banyak anak ayam yang mengalami pertumbuhan yang tidak sama meski menetas bersamaan karena persaingan di dalam kandang. Maka dari itu, penting bagi setiap bobotoh untuk membatasi jumlah anak ayam dalam satu kandang.

3. Tindakan Pengelompokan

Tindakan ini dilakukan apabila terdapat sejumlah anak ayam yang mengalami pertumbuhan terhambat dari anak ayam lainnya. Yakni dengan memisahkan anak ayam yang lambat atau kalah bersaing dalam satu kandang khusus. Hal ini dilakukan guna memperbaiki mental serta proses pertumbuhan ayam agar normal kembali dab dapat tumbuh menjadi besar karena tidak adanya perebutan makanan.

4. Pemisahan Kandang Dari Anak Ayam Yang Lebih Kuat

Memasuki usia dua hingga tiga bulan, perebutan kekuasan biasanya sering kali terjadi khususnya kepada para pejantan. Tak jarang mereka akan saling bertarung demi mendapatkan posisi dan tidak tertindas dari anak ayam lainnya. Sebaliknya, membiarkan ayam bertarung tentu akan membuat proses pertumbuhan tidak berjalan lancar serta akan menerima luka tarung dan pada akhirnya mati. Maka dari itu segera pisahkan antara anak ayam yang galak dengan yang masih lemah agar tidak saling berkelahi.

Simak Juga : Ciri Fisik Anak Ayam Berkualitas Jawara Agar Tidak Salah Pilih

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mengetahui Ciri Fisik Anak Ayam Berkualitas Jawara Agar Tidak Salah Pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *