Cara Ternak Ayam Bangkok Sehari – Hari Agar Memiliki Hasil Maksimal

Cara ternak ayam bangkok – Dizaman sekarang ini, hobi dapat menjadi bisnis yang paling baik untuk mendapatkan penghasilan. Seekor ayam bangkok dapat dihargai empat ratus ribu hingga ratusan juta rupiah tergantung dari pencapaiannya.

Jika ayam bangkok tersebut sudah pernah memenangkan turnament ayam seperti slasher di Filipina atau NCCDA (Native Chicken Conservation and Development Association) di Thailand harganya ayam tersebut bisa diperkirakan lima puluh juta rupiah keatas.

Sebab pada turnament ayam aduan tersebut pasti selalu dihadiri oleh peternak – peternak ayam handal dari seluruh dunia. Banyak pesaing – pesaing tangguh yang akan berkumpul pada turnament tersebut. Jika anda berniat untuk ikut serta dalam ajang pertandingan sabung ayam terbesar itu, sebaiknya persiapkan ayam bangkok anda hingga maksimal.

Berikut arena laga ayam akan menjelaskan terntang tata Cara Ternak Ayam Bangkok Untuk Aduan Agar Memiliki Hasil Maksimal. Mari kita simak artikel berikut ini.

Cara Ternak Ayam Bangkok Sehari – hari

Untuk sehari – hari ayam bangkok harus di berikan perawatan yang baik dan teratur. Tujuannya adalah untuk mencegah datangnya penyakit yang dapat menganggu proses latihan dan perkembagan ayam.

Berikut ada beberapa hal yang harus anda lakukan secara rutin setiap harinya.

Memandikan Ayam Bangkok

Mandi adalah kewajiban yang harus anda berikan kepada ayam aduan anda. Mandi dapat merawat bulu ayam aduan karena dapat mencegah kerontokan. 

Bagi ayam bangkok, bulu merupakan faktor yang mendukung dalam menyerang lawan. Semakin tebal bulu, semakin kuat mental ayam tersebut. Jika bulu lawan terlihat lebih tipis besar kemungkinan mentalnya akan cepat turun. turunnya mental akan membuat ayam lari dari pertandingan ketika menerima serangan telak. 

Ingatlah bulu ayam terutama di leher selalu mengembang ketika akan kedua ayam jantan akan bertarung. Ini adalah satu satunya serangan secara mental yang diberikan oleh ayam.

Selain dari segi mental bulu terutama bulu sayap akan memberikan daya lompat yang tinggi. Semakin tinggi daya lompat semakin kuat dan akurat pula serangan tersebut. Selain itu memandikan ayam aduan juga dapat memberikan efek segar sehingga semagat dalam menjalani aktivitas.

Menjemur Ayam Aduan

Jangan remehkan pentingnya menjemur ayam aduan. Dengan menjemur ayam aduan, berarti anda sudah melatih ayam bangkok. Sebab semakin sering ayam tersebut dijemur maka akan semakin kuat staminanya. Tentunya hanya ketika pagi hingga siang saja.

Selain itu dengan menjemur ayam bangkok, anda secara tidak langsung memberikan vitamin D yang dapat memperkuat tulang – tulang ayam. Jadi dalam tata cara ternak ayam bangkok sangat bermanfaat sekali jika anda menjemur ayam anda dipagi hari.

Jamu Ayam Bangkok

Jamu penting untuk diberikan ketika ternak ayam bangkok. Sebab jamu herbal seperti kunyit dapat meningkatkan stamina dan menjaga Kesehatan ayam.

Baca juga : manfaat Kunyit untuk ayam aduan

Selain kunyit anda juga bisa menggunakan jamu berbahan daging seperti kambing atau belut. Kambing dapat membuat ayam lebih agresif sementara belut sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan otat ayam.

Untuk Selengkapnya baca : Manfaat Belut Untuk Ayam Aduan  

Rajin Membersihkan Kandang Ayam Bangkok

Selain mandi, jemur dan pakan ayam hal yang tidak kalah pentingnya adalah pembersihan kandang ayam bangkok. Anda harus rajin membersihkan kandang ayam bangkok agar terhindar dari segala jenis penyakit.

Selain itu adan juga harus memperhatikan posisi kandang ayam. Kandang ayam bangkok yang baik haruslah memenuhi syarat – syarat penempatan yang benar.

Syarat – syarat penempatan ayam bangkok yang benar adalah : 

  • Lokasi penempatan kandang berjarak minimal 5 meter dari rumah pemilik ayam bangkok dan jauh dari kandang ayam potong jika ada.
  • Memiliki kontur tanah yang datar dan memiliki pohon sebagai sirkulasi udara.
  • Terdapat saluran air yang lancar sehingga di kala hujan air tidak menggenangi lingkungan sekitar kandang.
  • Berdekatan dengan rumput karena ayam sangat menyukai rumput sebagai makanan pengganti serat.
  • Arah kandang ayam bangkok yang ideal adalah menghadap sinar matahari pagi dan harus sejalur dengan arah angin untuk menghindari penularan penyakit dari luar.

Sekian Informasi kami mengenai cara ternak ayam bangkok aduan agar memberikan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *