Ciri Ayam Birma Asli Petarung Asal Negeri Tanah Emas Yang Terkenal

Ciri Ayam Birma Asli Petarung Asal Negeri Tanah Emas Yang Terkenal

Kehadiran jenis ayam bangkok tipe ayam birma tentu bukan hal baru bagi bobotoh sabung ayam. Pasalnya perkembangan ayam birma sendiri kini sudah hampir setara dengan ayam bangkok.

Meski demikian, bobotoh tentu perlu mengenali sejumlah ciri khusus yang hanya dimiliki oleh ayam birma. Sebut saja yang paling terkenal yakni tingkat kecepatan serta daya tarung yang luar biasa.

Berasal dari negara Myanmar, tak jarang ayam ini sering kali menjadi induk persilangan guna mendapatkan keturunan baru. Sebut saja yang tidak kalah terkenal seperti ayam pakhoy, birkok, magon.

Simak Juga : 3 Jenis Ayam Aduan Dengan Peminat Paling Banyak Hingga Saat Ini

Pada artikel kali ini sendiri, Tim Arena Laga akan menjelaskan sejumlah ciri khusus dari ayam birma agar bobotoh tidak salah mengenali. Yakni dalam Ciri Ayam Birma Asli Petarung Asal Negeri Tanah Emas Yang Terkenal.

Ciri Ayam Birma Asli Petarung Asal Negeri Tanah Emas Yang Terkenal

Ciri utama yang paling mudah untuk membedakan ayam aduan satu ini adalah pada ukuran tubuhnya. Dimana ayam burma hanya memiliki berat tubuh sekitar 3 kg sehingga tubuhnya terlihat lebih kecil ketimbang ayam aduan pada umumnya.

Meski demikian, ayam ini sangat terkenal akan kehebatannya dalam bertarung sehingga jangan pernah dianggap remeh. Kemudian karena tubuhnya yang kecil membuat ayam birma lebih mudah untuk bergerak dan melesatkan pukulan tepat sasaran dan akurat.

Ciri khusus lainnya adalah pada bagian bentuk kepala ayam aduan satu ini. Diantaranya seperti:

  • Ukuran kepala yang lebih kecil serta berbentuk pipih
  • Tatapan mata yang tajam serta bentuk mata yang cembung
  • Dilengkapi dengan jengger yang tegak dan mengarah ke atas seperti mahkota
  • Memiliki paruh yang lebih pendek
  • Adapun bentuk telinga dan kepel ayam yang terlihat mengelambir sehingga sangat mencolok.

Tubuh yang kecil tentu membuat ayam ini juga memiliki struktur tulang yang kecil. Meski demikian, faktor ini sendiri dapat menjadi kelebihan namun juga kekurangan ketika bertarung. Pasalnya, untuk menarungkan ayam ini biasanya hanya dapat diperbolehkan jika ayam mendapat lawan yang seimbang.

Dengan kata lain, sang lawan tidak lain juga harus berasal dari keturunan ayam birma sehingga seimbang. Sebaliknya, jika ditarungkan dengan ayam saigon tentu sudah menjadi kesalahan yang besar.

Tidak hanya pada tubuhnya, namun bagian kaki ayam birma juga memiliki ukuran yang terbilang kecil. Jika umumnya ayam bangkok memiliki ukuran jari kaki yang panjang maka berbeda dengan ayam birma. Dimana jari kaki ayam satu ini lebih kecil dan pendek dan hampir terlihat sama dengan kaki ayam lokal indonesia atau ayam kampung.

Teknik Tarung Ayam Birma Asli Petarung

Teknik tarung yang paling terkenal dan banyak disukai adalah kecepatan serta kecerdasannya dalam bertarung. Memiliki gerakan yang gesit dan lincah membuatnya lebih mudah untuk melancarkan pukulan yang akurat atau yang biasa disebut pukulan saraf.

Selain itu, ketika bertarung ayam ini juga sangat cerdik sehingga memudahkannya dalam membaca serta mengimbangi pergerakan lawan. Biasanya teknik tarung yang cukup terkenal dari birma sendiri seperti teknik nglaprak atau teknik meranggal. Dimana ayam ini akan melesatkan pukulan tanpa mematuk namun selalu tepat sasaran.

Simak Juga : Teknik Pukulan Beruntun Ayam Bangkok Mematikan Yang Sangat Diminati

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari Manfaat Minyak Ikan Bagi Ayam Bangkok Sebagai Suplemen Tinggi Nutrisi, Salam hangat Situs Sabung Ayam Online Terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *