Ciri Ayam Tolaki Petarung Lokal Asal Sulawesi Yang Sering Ditakuti

Mengenal Ciri Ayam Tolaki Petarung Lokal Asal Sulawesi Yang Sering Ditakuti

Dalam dunia sabung ayam, banyak jenis ayam bangkok aduan yang hingga saat ini masih di unggulkan dalam arena tarung. Dimana dijagokannya setiap jenis ayam aduan ini sendiri tak lain dikarenakan kemampuan bertarungnya yang hebat sehingg sering kali menjadi jawara.

Umumnya, jenis ayam aduan kebanyakan yang dikenal berasal dari negara Thailand. Namun perlu diketahui bahwa pada dasarnya tidak hanya Thailand saja yang memiliki ayam unggulan. Di Indonesia sendiri terdapat sejumlah jenis ayam aduan yang tidak kalah hebatnya dalam bertarung.

Simak Juga : 4 Jenis Ayam Aduan Terbaik Indonesia Yang Terkenal Di Dunia Sabung Ayam

Salah satunya adalah jenis ayam tolaki yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga para bobotoh sabung ayam. Dan pada artikel kali ini sendiri, Tim Arena Laga akan membahas lebih lanjut akan perkembangan ayam aduan satu ini. Yakni dalam Ciri Ayam Tolaki Petarung Lokal Asal Sulawesi Yang Banyak Ditakuti.

Mengenal Ciri Ayam Tolaki Petarung Lokal Asal Sulawesi Yang Sering Ditakuti

Faktanya, ayam tolaki pertama kali ditemukan di daerah Konawe yang dipelihara oleh suku Konawe di Sulawesi Tenggara. Umumnya kehadiran ayam tolaki tidak hanya digunakan sebagai ayam aduan saja. Melainkan bagian daging dan telurnya dimanfaatkan atau juga sering kali digunakaan sebagai persembahan dalam beberapa upacara adat.

Sifanya yang dikenal amat ganas dan agresif sehingga membuat pergerakannya sangat lincah dan cepat ketika bertarung. Kemudian dikarenakan berasal dari hutan, tentunya stamina serta daya tahan tubuh yang dimiliki sangat kuat.

Baca Juga : 5 Tanda Ayam Bangkok Aduan Super Dalam Arena Laga

Ciri Ayam Tolaki Petarung Asli

Umumnya, ayam aduan satu ini memiliki sejumlah kriteria atau jenis yang mudah dikenali. Baik itu dari bagian kepala hingga bagian ekor sang ayam sebagai petarung. Yakni sebagai berikut :

1. Memiliki postur tubuh yang tegap dan ramping dimana hal ini nantinya membantu pergerakan yang dimiliki di atas arena. Pasalnya, bentuk tubuh ini akan membuat gerakan yang dimiliki sangat lincah sehingga sulit untuk ditandingi.

2. Untuk masalah bulu, pada dasarnya penampilan ayam tolaki hampir sama dengan ayam bangkok lainnya. Dimana umumnya diliputi dengan kombinasi warna kuning, hitam dan coklat. Namun tak jarang ada juga yang berwana putih keseluruhan.

3. Jengger pada ayam tolaki biasanya berwarna merah gelap dan bentuknya tidak jauh berbeda dengan ayam aduan lainnya.

4. Biasanya ayam tolaki memiliki paruh dan kaki yang berwarna kuning terang yang dimana menjadi ciri khas dari ayam aduan satu ini.

5. Memiliki ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Dan faktanya ayam tolaki memiliki ekor yang cukup panjang dari ayam aduan biasanya.

6. Biasanya ayam ini juga dikenal dengan sebutan ayam hutan atau ayam buras hutan dikarenakan warna bulunya mirip ayam hutan merah

7. Mampu menghasilkan telur hingga 14-20 per periode

8. Pada bagian wajahnya dapat ditemukan bulu-bulu kecil seperti brewok

9. Umumnya jenis ayam tolaki memiliki bobot tubuh 1.2 hingga 2 kg

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Ketahui Ciri Ayam Tolaki Petarung Lokal Asal Sulawesi Yang Sering Ditakuti, , Salam hangat Situs Sabung Ayam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *