Mengatasi Sifat Ayam Aduan Penakut Atau Belum Berani Tarung

Tips Mengatasi Sifat Ayam Aduan Penakut Atau Belum Berani Tarung

Dalam dunia sabung ayam online, ayam bangkok aduan dengan mental tarung yang kuat tentu menjadi salah satu modal penting yang wajib diperlukan. Pasalnya jika hanya dilengkapi dengan teknik tarung tanpa mental tarung yang hebat tentu akan sia-sia saja.

Sayangnya tak jarang sejumlah bobotoh harus mendapatkan ayam dengan mental tarung yang lemah atau belum berani untuk bertarung. Terlebih kepada ayam aduan yang masih berusia muda tentu akan menjadi masalah serius yang harus segera diatasi.

Adapun pada dasarnya, mental ayam aduan sudah terbentuk sejak memasuki usia tujuh bulan lebih. Meski memiliki fisik yang baik dan berumur lebih dari tujuh bulan namun terkadang mental ayam masih belum terbentuk. Dimana kejadian ini sendiri umumnya dapat dikarenakan sejumlah faktor mulai dari faktor keturunan, mendapatkan tekanan dari ayam lain hingga kondisi lingkungan yang tidak nyaman.

Simak Juga : Cara Untuk Membangkitkan Emosi Serta Mental Tarung Ayam Bangkok

Maka dari itu penting bagi setiap bobotoh untuk mengetahui sejumlah tips penyelesaian masalah satu ini agar ayam dapat kembali bertarung. Pada artikel kali ini sendiri Tim ArenaLaga sudah merangkum sejumlah tips dalam menjadikan ayam aduan berani bertarung yang dapat bobotoh terapkan dalam.

Tips Mengatasi Sifat Ayam Aduan Penakut Atau Belum Berani Tarung

1. Pemisahan Kandang Ayam

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memisahkan ayam dalam kandang yang berbeda dengan yang lainnya. Tujuannya sendiri agar ayam tidak ditindas atau bertarung dengan ayam yang lebih kuat. Sebaliknya jika dibiarkan maka ayam dengan mental lemah akan ditindas sehingga menyebabkannya tidak berani bertarung. Dan ketika saatnya dilagakan, sang ayam akan memilih untuk lari ketimbang bertarung. Maka dari itu penting dilakukannya pemisahan kandang guna mencegah persaingan antara satu sama lain.

2. Tindakan Karantina

Pemilihan cara ini diterapkan apabila kondisi mental ayam dalam kondisi yang sudah sangat parah. Yakni ayam yang sudah tidak memiliki lagi keinginan untuk bertarung bahkan ketika dihadapkan dengan ayam betina atau ayam yang lebih muda. Melakukan karantina pada sang ayam akan membuatnya terhindar dari serangan ayam atau hewan lain. Dan ketika dikeluarkan, ayam akan menjadi berani ketika dihadapkan dengan ayam lain. Untuk prosesnya sendiri tidak lama melainkan membutuhkan beberapa minggu saja, untuk mengenali bobotoh dapat melihat perubahan sifat ayam dari kalem menjadi berani berkokok.

3. Pemberian Jamu Khusus

Masalah mental yang turun pada ayam juga dapat dikarenakan kerusakan pada bagian dalam tubuh ayam terutama pada bagian hati. Maka dari itu disarankan bagi bobotoh untuk mencoba merawat tubuh ayam melalui pemberian ramuan jamu khusus yang berasal dari bahan alami. Diantaranya seperti berupa kunyit, gula merah, madu dan lain-lain.

4. Pakan Berupa Binatang Hidup

Terakhir dan sudah banyak diterapkan oleh banyak botoh tua hingga sekarang adalah melalui pemberian pakan berupa binatang hidup. Hal ini akan menjadikan mental ayam meningkatkan sehingga menjadi lebih agresif. Untuk jenis pakan yang dianjurkan sendiri antaranya seperti jangkrik hidup, kodok hidup, anakan tikus dan beberapa hewan lainnya. Adapun untuk pemberiannya dapat membiarkan ayam mengejar sendiri mangsanya sehingga melatih mentalnya.

Simak Juga : Tips Menjinakan Ayam Bangkok Liar Agar Menjadi Petarung Berkualitas

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang  Mengenal Tips Mengatasi Sifat Ayam Aduan Penakut Atau Belum Berani Tarung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *