Mengenal Perbedaan Jenis Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Aduan

Mengenal Perbedaan Jenis Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Aduan Agar Tidak Salah Pilih.

Dalam dunia sabung ayam, mengenal jenis ayam bangkok aduan keturunan jawara dapat dilakukan dengan sejumlah cara. Dan salah satunya adalah dengan melihat dari sisi indukan sang ayam itu sendiri.

Seperti yang sudah diketahui bahwa pada dasarnya silsilah ayam aduan dapat menjadi faktor utama dalam menilai kualitas tarung yang dimiliki di arena laga. Maka dari itu, pemilihan pacek (pejantan) serta indukan merupakan kunci utama dalam mendapatkan hasil anakan jawara.

Simak juga : Ciri Ayam Bangkok Berkualitas Jawara Di Arena Laga

Indukan atau yang biasa disebut dengan babon pada dasarnya menjadi kunci utama yang wajib diperhatikan kala menghasilkan keturunan jawara. Maka dari itu sebagai bobotoh sabung ayam, mengenali ciri babon ayam yang berkualitas merupakan tugas wajib yang perlu diketahui.

Pada dasarnya, babon ayam aduan memiliki peranan yang lebih penting ketimbang sang pejantan. Hal ini dikarenakan, babon ayam aduan lebih dominan dalam memproduksi ayam jawara. Dalam dunia sabung ayam, babon pada ayam aduan dikenal dengan dua jenis yakni Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Aduan.

Mengenal Perbedaan Jenis Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Aduan

Dan pada artikel kali ini sendiri, Tim Arena Laga akan membahas mengenai Mengenal Perbedaan Jenis Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Aduan. Dimana hal ini bertujuan agar para bobotoh tidak salah dalam memilih indukan yang diinginkan. 

1. Mengenal Babon Unggul Ayam Aduan

Babon unggul ayam aduan merupakan jenis indukan yang lebih dominan dibandingkan dengan sang pejantan dalam menghasilkan keturunan. Dimana hal ini membuat anakan yang dihasilkan lebih banyak mewarisi gen dari sang indukan. Dimana baik itu dari sisi ciri fisik, gaya tarung, stamina, pukulan dan mental. 

Maka dari itu kebanyakan para pengusaha yang melakukan usaha budidaya ayam bangkok ini lebih sering menjual pejantan yang dimiliki. Dikarenakan babon yang dimiliki merupakan babon unggul.

Kelebihan Babon Unggul Ayam Aduan

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh babon unggul ayam aduan sehingga banyak dicari adalah :

  • Memiliki penampilan ciri fisik yang mudah untuk dikenali
  • Mudah untuk dibudidayakan tanpa perlu khawatir akan keturunan yang akan dihasilkan
  • Umumnya, struktur fisik serta teknik lebih bagus ketimbang babon cetak
  • Meski berasal dari pejantan yang tidak bagus namun anakan yang nantinya dihasilkan tetap akan berkualitas dikarenakan berasal dari babon unggul.

Kekurangan Babon Unggul Ayam Aduan

  • Sulit menghasilkan gen dari keturunan sang pejantan
  • Untuk mengetahui jenis babon unggul, para bobotoh harus melakukan uji tanding lebih dulu. Dimana cara ini memiliki risiko membuat babon yang dipilih menjadi rusak

2. Mengenal Babon Cetak Ayam Aduan

Jika babon unggul lebih dominan menghasilkan anakan dengan gen yang dimilikinya berbeda lagi dengan babon cetak ayam aduan. Dimana untuk jenis babon cetak aduan akan menghasilkan keturunan yang mewarisi gen sang pacek atau pejantan.

Kenali juga : 5 Tanda Ayam Bangkok Aduan Super Dalam Arena Laga

Dimana dengan kata lain, memilih babon cetak ayam aduan sebagai calon indukan harus memperhatikan pejantan yang akan dikawinkan. Karena pada nantinya, anakan yang dihasilkan akan mengikuti gen dari sang pejantan.

Untuk mengenali babon cetak ayam aduan juga tidak sulit, para bobotoh cukup memperhatikan hasil keturunannya saja. Apabila anakan yang dihasilkan lebih dominan mewarisi sifat pejantan maka induk ayam adalah babon cetak dan sebaliknya. Umumnya terdapat tiga jenis babon cetak, yaitu:

  • Babon cetak fisik umumnya lebih dominan dalam menghasilkan anakan dengan ciri fisik dari pejantan yang dimiliki
  • Babon cetak teknik menurunkan gaya atau teknik bertarung dari sang pejantan
  • Babon cetak fisik & teknik menghasilkan anakan yang memiliki teknik serta ciri fisik seperti sang pejantan.

Untuk memudahkan dalam proses pemilihan anakan, para bobotoh dapat menyimak

5 Tips Pemilihan Anakan Ayam Bangkok yang Berkualitas Tinggi

Dan berikut kelebihan serta kekurangan dalam memilih babon cetak ayam aduan sebagai indukan dalam menghasilkan keturunan.

Kelebihan Babon Cetak Ayam Aduan

Berikut kelebihan yang dimiliki oleh babon cetak ayam aduan sehingga sulit untuk ditemukan :

  • Dipastikan akan menghasilkan keturunan dengan gen dari sang pejantan jawara
  • Bahkan dari sisi fisik dan teknik bertarung akan sama dengan sang pejantan. Maka sering kali diibaratkan sebagai mesin foto copy dari sang pejantan.
  • Banyak dicari oleh para bobotoh sabung ayam aduan

Kekurangan Babon Cetak Ayam Aduan

  • Tidak bisa dilihat dari ciri fiisk yang dimiliki. Untuk cara mudahnya harus melalui jenis anakan yang dihasilkan
  • Dimana cara ini memerlukan waktu yang cukup lama dalam memastikan sang ayam merupakan babon cetak ayam aduan
  • Sulit untuk ditemukan dan tidak jarang meski sudah melakukan uji coba ditunggu namun anakan yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Berikut Gambaran Ciri-Ciri Ayam Bangkok Betina Yang Baik di Jadikan Indukan

Namun dari semua penjelasan diatas, semuanya kembali lagi dengan keputusan dari para bobotoh sabung ayam. Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Tips Mengenal Perbedaan Jenis Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Aduan, Salam hangat Situs Sabung Ayam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *