Pentingnya Mengetahui Standar Ukuran Ayam Bangkok Bagi Pemula

Pentingnya Mengetahui Standar Ukuran Ayam Bangkok Bagi Bobotoh Pemula

Dalam dunia sabung ayam. mengenali serta mengetahui ukuran jenis ayam bangkok  aduan yang dimiliki merupakan tugas penting para bobotoh sabung ayam. Dimana ukuran pada setiap ayam aduan sendiri merupakan standar yang digunakan saat para botoh akan melakukan adu ayam.

Dimana istilah ukuran jenis ayam bangkok dalam dunia sabung ayam didefinisikan sebaga berat dan tinggi badan dari ayam aduan itu sendiri. Umumnya di Indonesia, standar ukuran yang digunakan memiliki 6 skala. 

Yakni dari yang terkecil berukuran skala 5 dan terbesar hingga 10. Meski demikian, ukuran skala kurang dari 5 atau lebih dari 10 sendiri menjadi ukuran yang cukup jarang ditemukan. Biasanya, ayam bangkok yang dimiliki para bebotoh negeri ini adalah rata-rata 7-8.

Kenali 6 Ayam Bangkok Petarung Termahal Di Dunia Hingga Saat Ini

Perlu diketahui, skala yang dimaksud dari 5 hingga 10 ini ditujukan kepada penomoran dari urutan bobot ayam, bukan dari tinggi dan panjangnya ayam. Dimana skala 5 biasanya dipatok dengan bobot 2,0 sampai 2,5 kg. Dan untuk yang terbesar yakni 10 memiliki bobot antara 4,6 sampai 5,0 kg.

Pada artikel kali ini sendiri, Tim Arena Laga akan menjelaskan lebih lanjut mengenai patokan, skala, serta perbandingan ukuran ayam bangkok terkecil hingga ayam bangkok terbesar. Dimana ukuran ini disesuaikan dengan ukuran  yang umumnya dipasang pada setiap pertandingan sabung ayam.

Mengenal Standar Ukuran Ayam Bangkok Aduan

Mari perhatikan, standar ukuran yang dikategorikan berdasarkan rata-rata bobot tubuh ayam aduan yang anda miliki

Sesuai dengan gambar yang diatas, pada dasarnya skala tersebut hanya ditujukan dalam pertandingan ayam kelas kalangan. Sedangkan untuk jenis pertandingan sabung ayam aduan tingkat provinsi dan nasional, pengunaan skala jarang diberlakukan.

Umumnya jenis skala yang digunakan untuk pertandingan sabung ayam bangkok tingkat provinsi ke atas umumnya mengikuti penamaan yang lebih detail yakni sebagai berikut:

  • Untuk bobot badan 2,8-2,89 kg masuk ke dalam kelas terbang
  • Bobot badan 2,9-2,99 kg termasuk kelas bantam
  • Berat badan 3-3,20 kg masuk kelas bulu bobot
  • Selanjutnya bobot badan 3,1-3,19 kg termasuk ke dalam kelas ringan
  • Bobot ayam 3,2-3,29 kg masuk ke dalam kelas walter 
  • Bobot ayam 3,4-3,49 kg kelas menengah
  • Untuk bobot 3,5-3,9 kg masuk ke kelas berat ringan
  • Bobot badan 3,6-3,69 kg termasuk kelas penjelajah
  • Dan bobot lebih dari 3,8 kg masuk ke dalam kelas berat

Pada dasarnya, aturan dalam mengetahui standar ukuran ayam bangkok ditujukan agar para bobotoh tidak salah dalam menandingkan ayam yang dimiliki. Yakni dimana artinya bahwa kedua ayam yang ditarungkan haruslah seimbang. 

Waspada, Berikut Siasat Licik Sabung Ayam Dalam Arena Laga

Pasalnya, tentu apabila ditarungkan dengan sembarang akan membuat sang ayam serta pemiliknya dirugikan. Maka dari itu, banyak para botoh tua yang sudah berpengalaman selalu memperhatikan ukuran ayam lawan. Maka dari itu pastikan selau ukuran ayam bangkok Anda dan ayam bangkok milik lawan sebelum diadu. Dimana pada nantinya dapat mempengaruhi peluang kemenagan yang anda miliki.

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Pentingnya Mengetahui Standar Ukuran Ayam Bangkok Bagi Pemula, Salam hangat Situs Sabung Ayam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *