Obati Penyakit Snot Ayam Bangkok Dengan 2 Cara Cepat dan Ampuh

Obati Penyakit Snot Ayam Bangkok Dengan 2 Cara Cepat dan Ampuh

Menjaga jenis ayam bangkok aduan agar selalu dalam kondisi prima tentu merupakan tugas penting bagi setiap bobotoh sabung ayam. Terlebih kepada ayam yang siap untuk diturunkan ke dalam arena laga sabung ayam.

Maka dari itu penting menjaga kondisi tubuh ayam agar terbebas dari serangan segala jenis penyakit. Dimana menjelang musim pancaroba seperti ini berbagai jenis penyakit sangat mudah untuk menyerang, salah satunya seperti penyakit snot atau pilek ayam aduan.

Baca Juga : Pemeliharaan Ayam Bangkok Guna Cetak Juara Tarung

Pada artikel kali ini sendiri Tim Arena Laga akan menjelaskan sejumlah pengobatan yang dapat dilakukan mengatasi penyakit snot ayam hingga sembuh dan pulih kembali. Yakni dalam Obati Penyakit Snot Ayam Bangkok Dengan 2 Cara Cepat dan Ampuh

Obati Penyakit Snot Ayam Bangkok Dengan 2 Cara Cepat dan Ampuh

Umumnya penyakit snot pada ayam dapat terjadi karena serangan bakteri dan virus pada sistem pernapasan sang ayam. Dimana menjadi salah satu masalah yang tidak dapat dianggap remeh melainkan harus segera ditangani.

Gejala ayam aduan yang terkena penyakit snot juga dapat dikenali dengan sejumlah ciri yang timbul, diantaranya seperti berikut.

  • Keluarnya cairan berwarna kuning pada mata dan hidung sang ayam
  • Biasanya cairan yang dikeluarkan memiliki aroma busuk yang menyengat
  • Terganggunya sistem pernapasan sang ayam
  • Nafsu makan yang kian menurun
  • Ayam aduan akan kesulitan beristirahat dan tidur karena sulit bernafas
  • Kondisi ayam yang terlihat sering mengantuk, sayap yang turun dan menggantung
  • Mengalami masalah dalam proses pertumbuhan sang ayam
  • Penampilan wajah yang membengkak
  • Serta memudahkan ayam terserang penyakit lainnya.

Simak Juga : 5 Penyakit Mematikan Ayam Bangkok dan Cara Mengatasinya

Pengobatan Penyakit Snot Ayam Bangkok

1. Menggunakan Bahan Herbal

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal diantaranya adalah kencur, jahe, dan gula batu. Dimana dalam pembuatannya dapat dijadikan dua resep yakni seperti berikut.

Resep pertama adalah mencampurkan 150gr tepung beras, 100gr kencur yang sudah lebih dulu ditumbuk halus dan 1 jahe ukuran jempol yang diparut. Campurkan semua bahan dan aduk hingga tercampur merata dan bentuk menjadi bulatan kecil agar mudah ditelan. Setelah itu jemur ramuan dibawah sinar matahari dan berikan pada ayam setiap pagi dan sore hari.

Resep kedua yakni dengan merebus 5 ruas jahe dalam satu liter air. Tambahkan juga 5 sendok makan gula merah kemudian masak hingga mendidih selama 20 menit. Ramuan satu ini juga dapat dicampurkan langsung pada air minum ayam aduan yang pilek.

2. Menggunakan Obat Pilek Kemasan

Selain menggunakan bahan alami, bobotah juga dapat memilih untuk menggunakan obat pilek dalam bentuk kemasan. Dimana dalam pemberiannya, gunakan obat yang mengandung preparat sulfat, misalnya yang bermerk dagang sulfadimethoxine atau sulfathiazole. Dibantu juga dengan pemberian antubiotik seperti imequil, ultramycin, atau corivit guna mencegah munculnya kembali penyakit snot.

Namun apabila kondisi pilek ayam sudah terbilang parah, maka bobotoh dapat menyuntikan Sulfamix dosis rendah (0,4 cc/kg berat ayam) . Dimana obat ini sudah sangat terkenal ampuh dalam menyembuhkan sang ayam. Efek samping dari pemberian ini sendiri akan membuat menjadi lemas dalam beberapa hari.

Note : Selama proses pemulihan berlangsung, ayam yang sakit harus dipisahkan dengan ayam yang sehat guna menghindari sejumlah penularan.

Simak Juga : Tips Mencegah Penyakit Ayam Bangkok Aduan Agar Tidak Mudah Muncul

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari Obat Penyakit Snot Ayam Bangkok Dengan 2 Cara Cepat dan Ampuh , Salam hangat Situs Sabung Ayam Online.