Pemberian Vaksin Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Tips Pemberian Vaksin Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Menjaga kondisi daya tahan tubuh setiap jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas utama bagi para bobotoh sabung ayam. Dimana selain untuk menjaga kualitas tarung, namun hal ini juga membuat sang ayam tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Sejumlah cara dapat dilakukan dalam perawatannya, dimulai dari pemberian pakan, suplemen tambahan hingga vaksin khusus untuk sang ayam. 

Pada dasarnya, vaksin ayam bangkok merupakan tugas wajib yang perlu dilakukan oleh para bobotoh sabung ayam. Dengan tujuan menghindari ayam yang mati mendadak oleh virus atau wabah bakteri. Hal ini tentu akan menjaga sang ayam dengan daya tahan tubuh yang semakin meningkat.

Baca Juga : Pemeliharaan Ayam Bangkok Guna Cetak Juara Tarung

Dan pada artikel kali ini sendiri,  Tim Arena Laga akan menjelaskan mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pemberian vaksin. Yakni dalam 3 Tips Pemberian Vaksin Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Daya Tahan Tubuh.

3 Tips Pemberian Vaksin Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Faktanya terdapat 3 cara yang dapat dilakukan dalam proses pemberian vaksin pada sang aya. Yakni dengan cara melalui penetesan, air minum hingga melalui penyuntikan. Untuk mengetahui cara lebih detailnya, dapat bobotoh sabung ayam simak penjelasan di bawah ini.

1. Pemberian Vaksin Melalui Sistem Penetesan

Untuk cara pertama adalah dengan memberikan vaksin dengan cara meneteskannya secara langsung pada tubuh sang ayam. Yakni tepatnya pada bagian mata, hidung dan mulut dan dilakukan pada anak ayam yang berusia kurang dari 7 hari. 

Pemberian vaksin satu ini dengan tujuan mencegah netralisasi vaksin antibody maternal yang berasal dari induk. Perlu diketahui bahwa pemberian vaksin sendiri penting dilakukan pada anak ayam yang baru lahir dikarenakan kondisi pertahanan tubuhnya yang masih sangat lemah.

2. Pemberian Vaksin Dengan Air Minum

Selanjutnya adalah pemberian vaksin dengan media air minum, yang tentunya lebih mudah untuk dilakukan. Dimana cara ini dapat diterapkan pada ayam yang sudah berusia 2 hingga 3 bulan. Untuk penerapannya, cukup mmeberikan vaksin pada tempat minumnya saja.

Umumnya lakukan pemberian lebih dikarenakan biasanya beberapa ayam hanya minum sedikit. Berikan 100 vaksin untuk 50 ekor ayam dengan cara seperti berikut :

  • Pertama biarkan sang ayam tidak minum selama 1 – 2 jam
  • Kemudian berikan pemberian air dengan campuran vaksin
  • Khusus untuk para peternak ayam aduan, buat tempat minumnya menjadi banyak agar terbagi rata
  • Apabila sudah habis, bersihkan secara langsung tempat airnya tersebut dan isi kembali menggunakan air biasa
  • Jangan lupa untuk menghancurkan botol bekas vaksin serta sisa-sisanya. Dapat dilakukan dengan cara menguburnya.

3. Pemberian Vaksin Melalui Alat Suntik

Terakhir adalah dengan pemberian vaksin melalui penyuntikan pada bagian otot dada serta paha sang ayam. Umumnya cara ini dapat diterapkan pada ayam aduan yang sudah memasuki usia 8 bulan ke atas atau sudah dewasa.

  • Pertama sterilkan alat – alat suntikan dengan direbus selama 30 menit dari air mendidih.
  • Kocok pelan pelan vaksin sampai tercampur rata.
  • Untuk 1000dosis vaksin dilarutkan dalam 500 cc aquades.
  • Kemudian suntikkan pada otot paha atau dada ayam bangkok.

Simak Juga : 5 Resep Jamu Ayam Bangkok Aduan Rahasia Lama Botoh Tua

Umtuk mendapatkan vaksin ini sendiri, para bobotoh dapat mencarinya di sejumlah toko hewan yang menjualnya. Dan dapat menanyai langsung vaksin yang cocok sesuai dengan usia sang ayam. Selamat mencoba.

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari 3 Tips Pemberian Vaksin Ayam Bangkok Guna Tingkatkan Daya Tahan Tubuh , Salam hangat Situs Sabung Ayam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *