Tips Pengobatan Mata Ayam Bangkok Aduan Yang Terkena Jalu

Tips Pengobatan Mata Ayam Bangkok Aduan Yang Terkena Jalu

Dalam dunia sabung ayam, jenis ayam bangkok aduan yang baru saja menjalani sebuah pertarungan tentu tidak akan pernah  terbebas dari luka yang ditimbulkan oleh lawan. Luka yang timbul pada beberapa bagian tubuh ayam juga tidak boleh dibiarkan melainkan perlu adanya penanganan secara khusus.

Pasalnya, luka pada tubuh ayam bangkok aduan sendiri dapat bermacam-macam, mulai dari luka ringan, luka biasa bahkan luka parah atau serius. Maka dari itu, sebagai bobotoh sabung ayam merawat sang ayam usai ditarungkan merupakan tugas khusus hingga sang ayam menjadi sembuh total.

Simak Perawatan Ayam Bangkok Usai Ditarungkan Yang Wajib Dilakukan

Dan salah jenis luka yang biasa sering dijumpai adalah luka pada mata ayam bangkok usai terkena jalu lawan. Perlu diketahui, penanganan luka dikarenakan jalu lawan tidak boleh dilakukan dengan sembarang, melainkan perlu adanya perawatan khusus.

Maka dari itu, pada artikel kali ini sendiri Tim Arena Laga akan menjelaskan mengenai Tips Pengobatan Mata Ayam Bangkok Aduan Yang Terkena Jalu. Dimana pengobatan yang diberikan dikhususkan kepada retina ayam yang masih belum pecah.

Tips Pengobatan Mata Ayam Bangkok Aduan Yang Terkena Jalu

1. Penggunaan Getah Daun Kelor

Pengobatan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan getah dari tumbuhan daun kelor. Dimana cara ini merupakan cara lama dan sering digunakan oleh para botoh tua dalam merawat mata ayam yang terkena jalu dikarenakan khasiatnya yang ampuh. 

Dalam penerapannya juga mudah yakni cukup teteskan getah daun kelor yang berwarna putih pada bagian mata yang terluka. Dengan dosis 1-2 tetes atau sampai sekira dapat terserap pada bagian yang luka. Kemudian tutup mata ayam menggunakan plester selama 1 hari. Pada hari berikutnya, jika dirasa masih bengkak, Anda bisa mengulangi treatment pengobatan ini kembali. Akan tetapi, biasanya dengan satu kali pengobatan saja, mata si ayam sudah sembuh. 

2. Getah Umbi Jalar

Masih menggunakan getah tanaman, selanjutnya adalah pengobatan menggunakan Getah Umbi jalar. Penerapannya juga hampir sama dengan penggunaan daun kelor dan lakukan secara rutin hingga mata sang ayam sembuh kembali.

3. Rendaman Air Daun Sirih

Seperti yang sudah diketahui, pada dasarnya daun sirih sering digunakan selama masa pemulihan ayam bangkk aduan. Dan salah satunya dalam pengobatan mata ayam aduan. Hal ini dikarenakan kandungan antibiotik serta antiseptik pada daun sirih mampu membersihkan luka dari kuman sehingga sering dipakai sebagai pengganti dari betadine dikarenakan bersifat alami.

Penggunaanya cukup mudah, yakni dengan cara merebus daun sirih menggunakan air panas, kemudian apabila sudah mendidih angkat dan biarkan hingga hangat. Jika sudah teteskan secara langsung kepada mata ayam yang luka. Para bobotoh juga dapat menambahkan bantuan obat Cindo Xytrol yang dapat diperoleh di sejumlah apotik.

Kenali 9 Manfaat Daun Sirih Pada Ayam Bangkok Aduan

4. Penggunaan Tembakau

Selain ampuh dalam mengobati penyakit cacingan yang menyerang saluran pencernaan ayam aduan. Pemberian tembakau juga dapat menjadi cara alternatif dalam mengobati mata sang ayam yang luka terkena jalu lawan. Caranya yakni dengan menggunakan air rendaman tembakau yang sebelumnya dimasak terlebih dahulu selama 5 menit yang kemudian diteteskan secara langsung kepada mata ayam.

5. Air Kunyit dan Jeruk Nipis

Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan air kunyit dan jeruk nipis pada ayam aduan. Pertama, tumbuk atau haluskan kunyit kemudian ambil airnya saja. Kemudian campurkan dengan perasan jeruk nipis setelah itu cukup teteskan 2-3 tetes secara rutin.

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Tips Pengobatan Mata Ayam Bangkok Aduan Yang Terkena Jalu, Salam hangat Situs Sabung Ayam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *