Penyebab Anak Ayam Aduan Bantat Atau Berukuran Kecil

Mengetahui Penyebab Anak Ayam Aduan Bantat Atau Berukuran Kecil

Dalam dunia sabung ayam online, bentuk tubuh pada masing-masing ayam aduan sangat mempengaruhi kualitas tarung diarena laga. Dimana tubuh yang ideal akan mampu menghasilkan teknik hingga kekuatan tarung yang hebat.

Maka dari itu, pemilihan indukan hingga perawatan yang diberikan juga harus diperhatikan dengan tujuan mendapatkan keturunan berkualitas. Dilanjutkan juga dengan perawatan kepada anakan yang dihasilkan agar dapat tumbuh hingga ideal.

Simak Juga : Pakan Anak Ayam Bangkok Berkualitas Guna Percepat Pertumbuhan

Sayangnya tak jarang, banyak bobotoh yang dirugikan dengan hasil anakan yang malah berukuran kecil atau bantat sehingga tidak cocok untuk digunakan. Adapun pada artikel kali ini, Tim Arena Laga akan menjelaskan sejumlah alasan anak ayam yang tumbuh berukuran kecil dalam.

Mengetahui Penyebab Anak Ayam Aduan Bantat Atau Berukuran Kecil

Meski pada awalnya, bobotoh memiliki kedua indukan dengan tubuh besar namun tidak dapat dihindari jika keturunan yang dihasilkan malah berukuran kecil. Biasanya kejadian seperti ini dapat dikarenakan sejumlah faktor antaranya seperti.

1. Silsilah Keturunan

Pemilihan babon atau pacek tentu akan sangat mempengaruhi hasil anakan yang dihasilkan. Dimana pengaruhnya dapat berdampak hingga 70%, tak heran jika banyak bobotoh yang lebih memilih indukan bertubuh besar. Namun apabila keturunan yang dihasilkan masih tetap berukuran kecil, bobotoh dapat mencoba mengganti kedua indukan. Contoh jika babon A dan Pacek B menghasilkan anakan kecil sedangkan babon A dengan Pacek C menghasilkan keturunan besar. Sedangkan antara babon B dan C akan menghasilkan keturunan sebagain kecil dan besar. Maka dari itu, bobotoh harus pintar untuk melakukan kombinasi kedua indukan.

2. Pemberian Jenis Pakan Yang Salah

Faktor pemberian pakan juga dapat menjadi salah satu penyebab ukuran tubuh pada anakan kecil. Maka dari itu, penting mengetahui jenis pakan yang sesuai dengan usia, teknik tarung serta pola pemberiannya. Tak jarang, anak ayam yang berusia dua bulan diberikan pakan berupa beras jagung. Hal ini tentu akan menghambat pertumbuhan yang dimiliki sehingga tidak tumbuh ideal.

3. Penyakit Yang Menyerang

Serangkan penyakit sangat mempengaruhi proses pertumbuhan ayam aduan terlebih ketika masih berusia anakan atau muda. Pemberian perawatan seperti pakan hingga suplemen khusus sangat menunjang faktor pertumbuhan ayam. Bahkan meski berasal dari indukan ideal, namun karena sang anakan terserang penyakit sehingga membuat pertumbuhannya terhambat.

Simak Juga : Pentingnya Memisahkan Anak Ayam Dengan Indukan Setelah Menetas

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mengetahui Penyebab Anak Ayam Aduan Bantat Atau Berukuran Kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *