Penyebab Ngorok Ayam Bangkok Muncul Yang Perlu Di Waspadai

Penyebab Ngorok Ayam Bangkok Muncul Yang Perlu Di Waspadai

Menjaga jenis ayam bangkok aduan agar selalu prima tentu merupakan tugas wajib setiap bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini dilakukan agar sang ayam selalu siap tarung di atas arena laga.

Terutama dalam menjauhkan sang ayam dari serangan berbagai jenis penyakit yang biasa hingga berbahaya. Tentu hal ini akan merugikan pemilik serta ayam aduan karena kualitas tarung yang menurun.

Simak Juga : Tips Mencegah Penyakit Ayam Bangkok Aduan Agar Tidak Mudah Muncul

Sebut saja salah satu penyakit yang sering kali dialami bobotoh yakni penyakit ngorok aduan. Dimana pada artikel kali ini sendiri, Tim Arena Laga akan membahas sejumlah alasan munculnya penyakit satu ini.

Penyebab Ngorok Ayam Bangkok Muncul Yang Perlu Di Waspadai

Umumnya penyakit ngorok muncul dengan tanda terganggunya sistem pernapasan sang ayam. Dimana adanya lendir dalam tenggorokan dan sistem pernafasan ayam. Sehingga membuat sang ayam akan kesulitan bernafas serta sering bersin.

Munculnya penyakit ngorok sendiri dapat dikarenakan sejumlah faktor. Dimana yakni seperti inveksi bakteri, kandang yang kurang baik, dan karena perawatan yang kurang diperhatikan.

Simak Juga : 5 Penyakit Mematikan Ayam Bangkok dan Cara Mengatasinya

1. Terserang Bakteri

Jenis bakteri yang meyerang juga terbagi menjadi sejumlah jenis seperti Chronic Respiratory Disease (CRD), ILT, Snot, Korisa, ND, IB, serta AI. Dimana bakteri CRD sendiri pada dasarnya juga dapat menyerang semua jenis ayam baik yang masih muda hingga yang sudah dewasa.

Sehingga nantinya akan membuat daya tahan tubuh ayam menurun dan menjadi lemas yang kemudian memudahkan penyakit lain masuk. Ngorok sendiri biasanya ditandai dengan nafsu makan  yang menurun, serin bersin, terlihatnya lendir di hidung, mata berair serta wajah merah kehitaman/pucat.

2.  Penempatan Kandang Yang Salah

Kondisi kandang yang tidak baik juga dapat menjadi faktor pemicu selanjutnya. Sebut saja seperti suhu yang terlalu tinggi, penempatan ayam aduan dengan jumlah yang banyak dalam satu kandang, kondisi kandang yang lembab dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini akan membuat ayam menjadi sulit bernafas dan terlalu sering menggunakan mulutnya untuk bernafas.

3. Pemberian Perawatan Yang Salah

Ayam aduan yang baru saja dilaga dan tidak mendapat perawatan juga dapat menjadi faktor munculnya penyakit ngorok. Sehingga menjadikan terganggunya sistem pernapasan sang ayam dan muncul lendir dimana menggangu sistem pernafasan pada sang ayam.

Simak Juga : Obat Ayam Ngorok Tradisional yang Paling Manjur

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari Penyebab Ngorok Ayam Bangkok Muncul Yang Perlu Di Waspadai , Salam hangat Situs Sabung Ayam Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *