Perawatan Anak Ayam Aduan Baru Menetas Agar Cepat Besar

Perawatan Anak Ayam Aduan Baru Menetas Agar Cepat Besar

Dalam dunia sabung ayam online, mendapatkan ayam bangkok aduan berkualitas tentu harus melalui sejumlah perawatan khusus sejak usia anakan. Dimana hal ini nantinya mampu menghasilkan ayam berkualitas jawara ketika bertarung diatas arena laga.

Terlebih kepada ayam yang baru saja menetas, dimana hingga saat ini masih banyak bobotoh yang kebingungan bahkan salah ambil langkah. Pada dasarnya, mengurus anak ayam sendiri terdiri tidak pernah jauh dari lima aspek yakni kandang, pakan, suplemen, cabut bulu, dan pemeliharaan intensif.

Simak Juga : Bibit Anak Ayam Bangkok Yang Ganas Dan Mematikan

Tahap ini sendiri menjadi bagian yang perlu mendapat perhatian lebih karena kondisi ayam yang masih rentan sehingga mudah mati. Adapun pada artikel kali, Tim Arena Laga akan membahas lebih mendalam akan perawatan tepat bagi anak ayam dalam.

Tips Perawatan Anak Ayam Aduan Baru Menetas Agar Cepat Besar

1. Kondisi Kandang 

Bagian pertama yang sering kali menjadi masalah banyak bobotoh adalah perihal mengenai masalah kandang. Anak ayam yang baru menetas tentu berada dalam kondisi yang masih rentan mati sehingga perawatan khusus sangat dibutuhkan guna mengurangi jumlah kematian.

Maka dari itu, pastikan selalu kondisi kandang dalam keadaan hangat serta nyaman sehingga membuatnya mudah untuk beradaptasi. Biasanya, tugas satu ini dilakukan oleh indukan, namun bobotoh juga dapat menggunakan bantuan lampu bohlam. Jika dari awal bobotoh memilih untuk memisahkan antara anak ayam dengan babon.

Untuk jenis kandang standar, bobotoh dapat memanfaatkan bohlam 5 watt, kemudian perhatikan juga saluran udara yang ada. Usahakn untuk membuat kandang khusus anak ayam dengan kondisi kandang yang rapat sehingga penyebaran virus tidak mudah terjadi.

2. Pola Pemberian Pakan

Selanjutnya adalah proses pemberian pakan yang tentu tidak dapat dilakukan dengan sembarang karena dapat menganggu sistem pencernaan ayam. Biasanya anak ayam dapat diberikan pakan dengan bentuk yang lunak seperti voor (konsentrat), nasi dan dedak. Tambahkan juga asupan vitamin minyak ikan dan vit B komplek dalam minumannya.

Proses Tips Perawatan Anak Ayam Aduan

3. Asupan Suplemen Tambahan

Memasuki usia satu bulan, bobotoh sudah dapat memulai meracik pakan ayam dengan pemberian campuran pakan ke dalamnya. Salah satunya seperti pemberian voer yang dicampur dengan susu bubuk bayi dengan perbandingan 5:1. Pemberian susu bayi sendiri dapat membantu menunjang pertumbuhan ayam dari tulang, otot, bulu dan bagian tubuh lainnya.

4. Mencabut Bulu

Bulu yang terlalu lebat menjadi faktor yang sering kali memakan banyak nutrisi pada tubuh ayam. Maka tak jarang, banyak botoh tua yang melakukan proses pencabutan serta hanya menyisakan sedikit saja. Biasanya daerah yang dipotong meliputi bagian sayap dan ekor untuk anaka ayam usia 3 minggu. Dilanjutkan di usia 2 bulan, dimana bagian bulu pada daerah punggung belakang dan leher akan mulai rontok. Bobotoh dapat mencabutnya hingga ke daerah dada dan paha.

Selama proses pencabutan berlangsung, asupan makanan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Guna mempertebal kulit dari bagian tubuh yang bulunya dicabut.

5. Perawatan Tambahan

Adapun terdapat sejumlah perawatan tambahan yang dapat bobotoh terapakan guna menunjang proses pertumbuhan. Seperti asupan vitamin yang cukup agar tidak mudah sakit, menjaga kebersihan kandang dan ayam hingga menjauhkannya dari serangan binatang lain.

Simak Juga : Penyebab Anak Ayam Aduan Bantat Atau Berukuran Kecil

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mengetahui Perawatan Anak Ayam Aduan Baru Menetas Agar Cepat Besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *