Perawatan Rutin Ayam Bangkok Petarung Yang Wajib Dilakukan

Perawatan Rutin Ayam Bangkok Petarung Yang Wajib Dilakukan

Dalam dunia sabung ayam online, pemberian perawatan bagi ayam bangkok tentu menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap bobotoh. Yang nantinya dapat menjadi modal tersendiri bagi sang ayam dalam memenangkan setiap pertandingan di arena laga.

Adapun perawatan yang akan dibahas kali ini adalah persiapan ayam aduan sehari-hari yang tentunya tidak dapat dilakukan sembarang. Mengingat perawatan ayam aduan seperti ini tidak dapat disamakan dengan perawatan ayam biasa.

Simak Juga : Penyebab Ayam Bangkok Lemas Hingga Tidak Dapat Bertarung

Persiapan ini sendiri ditujukan guna menjaga kondisi daya tahan tubuh ayam agar selalu terjaga dan selalu siap untuk ditarungkan. Dimana pada artikel kali ini sudah Tim Arena Laga rangkum dalam Perawatan Rutin Ayam Bangkok Petarung Yang Wajib Dilakukan.

Perawatan Rutin Ayam Bangkok Petarung Yang Wajib Dilakukan

1. Proses Mandi dan Menjemur

Perawatan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memandikan dan menjemur ayam secara rutin. Proses ini dilakukan dengan tujuan menjaga kebugaran, kesehatan hingga penampilan ayam itu sendiri. Untuk penerapannya sendiri dapat dilakukan mulai dari pukul 7.00 – 9.00 pagi menggunakan air bersih.

Kemudian dilanjutkan dengan menjemur ayam langsung dibawah terik matahari dan tidak dilakukan terlalu lama. Kedua cara ini secara langsung akan membentuk otot sekaligus stamina ayam sehingga lebih kuat.

2. Latihan Lari Hingga Abar

Selanjutnya adalah dengan membiarkan sang ayam diluar kandang agar dapat berinteraksi dengan ayam-ayam lainnya. Salah satunya seperti membiarkan ayam mengejar babon atau ayam untulan yang sudah disiapkan yakni 3 kali seminggu.

Selain itu, bobotoh juga dapat mencoba melakukan latihan tanding atau abar. Dengan tujuan melatih mental serta meningkatkan teknik tarung sehingga nantinya ayam tidak mudah kalah ketika diadu. Meski demikian, sebelum diabar, ada baiknya bobotoh terlebih dahulu memperhatikan kondisi ayam serta lawan agar tetap seimbang. Dan hentikan jajal tarung jika ayam sudah terlihat lelah atau tidak sanggup.

Tips Perawatan Rutin Ayam Bangkok Petarung

3. Pemberian Istirahat

Usai dibiarkan diluar kandang, selanjutnya adalah membiarkan ayam istirahat dalam kandang pada saat sore hari. Hal ini dilakukan agar ayam tidak terlalu lelah dan mendapatkan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk memberikan pakan serta air secukupnya.

4. Asupan Suplemen

Terakhir adalah pemberian asupan suplemen khusus, dimana bahan yang diperlukan dapat berasal dari bahan alami. Mulai dari gula merah, kuning telur, madu, tomat dan masih banyak bahan lainnya. Pemberian ini sendiri ditujukan guna meningkatkan daya tahan tubuh, memperpanjang nafas, dan membuat ayam lebih ganas dan agresif.

Namun diingatkan untuk selalu menyesuaikan pemberian suplemen ini dengan kebutuhan sehari-hari sang ayam. Untuk mengetahui lebih lanjutnya dapat bobotoh simak dalam.

Baca Juga : 5 Resep Jamu Ayam Bangkok Rahasia Para Botoh

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari Perawatan Rutin Ayam Bangkok Petarung Yang Wajib Dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *