Perbedaan Ayam Bangkok Asli Dengan Kampung Agar Tidak Salah Pilih

Perbedaan Ayam Bangkok Asli Dengan Kampung Agar Tidak Salah Pilih

Memiliki jenis ayam bangkok aduan dari keturunan darah asli tentu menjadi keinginan setiap bobotoh sabung ayam. Mengingat kini mendapatkan ayam aduan tanpa adanya darah campuran terbilang cukup sulit.

Selain itu, memiliki ayam aduan asli akan mempermudah bobotoh dalam meraih kemenangan atas lawannya. Sayangnya, hingga saat ini tak jarang banyak bobotoh yang kesulitan dalam membedakan ayam dengan keturunan asli.

Simak Juga : Tips Memilih Ayam Bangkok Berkualitas Cetak Juara Tarung

Maka dari itu, pada artikel kali ini sendiri Tim Arena Laga akan menjelaskan perbedaan terhadap ayam aduan asli. Terlebih dalam membedakannya dengan jenis ayam kampung agar tidak salah pilih dalam.

Perbedaan Ayam Bangkok Asli Dengan Kampung Agar Tidak Salah Pilih

Pada dasarnya, antara jenis ayam bangkok dengan kampung tentu memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Mulai dari penampilan fisik hingga kualitas tarung yang tidak dapat disamakan.

1.Suara Berkokok

  • Ayam bangkok asli pada dasarnya memiliki suara kokok yang cukup khas. Dimana bagian satu ini sering kali menjadi cara bobotoh untuk membedakannya.
  • Umumnya jenis ayam kampung memiliki suara kokok yang lebih merdu serta kurang lantang.

2. Penampilan Wajah

  • Dilengkapi dengan bentuk mata yang oval layaknya telur, mata yang cekung serta tulang alis yang kokoh dan kuat.
  • Untuk mata ayam kampung lebih terlihat sedikit cekung, tulangan alis yang tipis serta kelopak mata yang tidak kokoh. Ayam ini juga memiliki paruh yang kecil dan tidak berparit.

3. Tatapan Mata

  • Ayam bangkok asli umumnya memiliki sorotan mata tajam dan agak menyipit. Mengingat bagian kornea mata sang ayam yang terlihat lebih kecil.
  • Tatapan mata yang tidak tajam dan tak jarang sering kali menyulitkan bobotoh dalam membedakannya.

4. Bentuk Kuping dan Pial

  • Untuk ukuran kuping dan pial pada ayam bangkok asli terbilang sangat kecil bahkan terlihat tidak ada
  • Berbeda dengan ayam kampung yang terlihat agak besar

Perbedaan Ayam Bangkok Asli Dengan Kampung

5. Penampilan Tubuh

  • Penampilan tubuh pada ayam aduan asli tentu tidak dapat diragukan lagi. Dimana tulangan yang besar dan padat membuat ukuran tubuh ayam ini terbilang jauh lebih besar dan gagah ketimbang ayam kampung.
  • Sedangkan untuk ayam kampung akan terasa biasa dan tidak keras apabila disentuh secara langsung.

6. Warna Bulu

  • Umumnya bagian pangkal bulu atau dekat kulit pada ayam bangkok asli akan terlihat berwarna kekuning-kuningan. Dimana bagian bulu seperti ini dapat ditemui pada sejumlah bagian tubuh sang ayam. Mulai dari sayap, leher, punggung, perut, kepala, hingga kaki.

7. Mental Bertarung

  • Untuk bagian satu ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Mengingat ayam bangkok asli tentu akan memiliki mental tarung yang luar biasa sehingga mampu menciutkan mental lawan karena terlihat gagah dan perkasa.
  • Berbeda dengan ayam kampung yang harus dilatih dan terbilang sulit untuk dibentuk sebagai ayam tempur.

Maka dari itu, sebagai bobotoh penting untuk lebih mengetahui jenis ayam aduan asli agar tidak salah pilih. Mengingat saat ini juga banyak bobotoh yang mulai mengawinkan silang ayam aduan asli dengan ayam biasa.

Simak Juga : 5 Jenis Ayam Aduan Terkenal Jagoan Bobotoh Di Indonesia

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari Perbedaan Ayam Bangkok Asli Dengan Kampung Agar Tidak Salah Pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *