Racikan Jamu Stamina Ayam Bangkok Pulihkan Kekuatan Usai Bertarung

Racikan Jamu Stamina Ayam Bangkok Pulihkan Kekuatan Usai Bertarung

Dalam dunia sabung ayam, menjaga kualitas tarung jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas utama para bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini akan menjaga sang ayam agar terus menjadi unggulan di atas arena laga.

Maka dari itu berbagai jenis perawatan serta latihan yang benar perlu dilakukan untuk mendukung prosesnya. Terlebih dengan perawatan ayam aduan usai ditarungkan yang sangat penting dan tidak dapat dianggap remeh.

Baca Juga : Pemeliharaan Ayam Bangkok Guna Cetak Juara Tarung

Perawatan yang diberikan juga beragam dimulai dari pemberian pakan hingga jamu atau suplemen khusus. Dengan tujuan mengembalikan kekuatan tarung sang ayam usai menjalani laga yang sengit.

Pada artikel kali ini sendiri, Tim Arena Laga akan menjelaskan salah satu perawatan  yakni pemberian ramuan jamu khusus untuk sang ayam. Yakni dalam Tips Racikan Jamu Stamina Ayam Bangkok Pulihkan Kekuatan Usai Bertarung

Tips Racikan Jamu Stamina Ayam Bangkok Pulihkan Kekuatan Usai Bertarung

Ayam aduan yang baru saja ditarungkan tentu tidak akan pernah terbebas dari namanya luka usai bertarung. Umumnya pemberian kapsul trimisin, betadin, atau tetayokcin adalah salah satu pengobatan yang dapat dilakukan dalam mengatasi luka luar.

Selain pengobatan luka luar, pemulihan bagian dalam tubuh ayam juga perlu dilakukan. Dengan tujuan mengembalikan stamina tarung sang ayam, yakni dapat dilakukan dengan cara melalui pemberian ramuan jamu khusus.

Pembuatan jamu kali ini sendiri dapat bobotoh racik sendiri. Selain mudah didapat bahannya, namun proses pembuatan juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Simak Juga : Perawatan Ayam Bangkok Usai Ditarungkan Yang Wajib Dilakukan

Bahan-bahan Pembuatan Jamu Pemulih Stamina

Adapun sejumlah bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatannya yakni diantaranya adalah.

  • 50 gram kencur basah
  • 500 gram beras biasa
  • 3 butir telur bebek
  • Serta madu dan gula aren yang secukupnya

Proses Pembutan Ramuan Jamu Ayam Bangkok Aduan

Usai menyiapkan semua bahan dengan takaran yang diberikan, selanjutnya adalah proses pembuatan ramuan jamu ayam aduan satu ini. Yakni seperti berikut

  • Pertama rendam terlebih dahulu beras yang telah disiapkan selama beberapa menit kemudian tiriskan
  • Kemudian tumbuk kencur yang sudah dikupas dengan beras tadi hingga halus
  • Tambahkan campuran telur bebek, gula aren serta madu secukupnya dan tumbuk kembali hingga tercampur rata
  • Selanjutnya bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan jemur hingga kering
  • Jika sudah kering, berikan ramuan tersebut kepada ayam aduan yang baru saja ditarungkan. Dan untuk sisanya dapat disimpan dalam wadah tertutup dan kering.

Simpan ramuan jamu ini dalam keadaan kering serta kedap udara agar terbebas dari serangan jamur. Selain itu, pemberiannya juga dapat diberikan secara berulang-ulang untuk sang ayam nantinya.

Umumnya pemberian racikan ramuan satu ini dapat diberikan 1 hingga 2 butir tergantung dengan seberapa parah luka yang diterima. Kemudian perlu diingat bahwa dalam pemberiannya dilakukan usai sang ayam sudah diberikan pakan. Yakni dengan 10 butir jagung dan nasi secukupnya agar kondisi perut tidak terlalu kosong dan dapat menerima ramuan jamu satu ini.

Lakukan cara satu ini hingga kondisi sang ayam sudah berubah menjadi lebih baik dan kembali seperti biasa. Selain itu, ramuan ini juga dapat diberikan saat musim hujan agar daya tahan tubuhnya meningkat.

Simak Pemberian Jamu Ayam Bangkok Aduan Berdasarkan Fungsinya dalam 

5 Resep Jamu Ayam Bangkok Aduan Rahasia Lama Botoh Tua

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari Racikan Jamu Stamina Ayam Bangkok Pulihkan Kekuatan Usai Bertarung , Salam hangat Situs Sabung Ayam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *