Tips Membuat Pakan Ayam Bangkok Aduan Tinggi Protein Yang Mudah

Mempelajari Tips Membuat Pakan Ayam Bangkok Aduan Tinggi Protein Yang Mudah

Menjadikan jenis ayam bangkok aduan sebagai petarung sejati merupakan keinginan setiap bobotoh sabung ayam. Maka dari itu, perawatan serta latihan yang tepat merupakan kunci utama dalam mencapai kesuksesan mendapatkan ayam bangkok aduan berkualitas.

Umumnya sejumlah perawatan dapat dilakukan seperti yang paling dasar adalah dalam pemberian pakan pada sang ayam. Jenis pakan yang diberikan sendiri beragam sebut saja seperti jagung, beras merah dan pakan lainnya yang tentunya memiliki nutrisi tinggi.

Baca Juga : Pemeliharaan Ayam Bangkok Guna Cetak Juara Tarung

Dan pada artikel kali ini sendiri, Tim Arena Laga akan menjelaskan kepada para bobotoh dalam membuat jenis pakan yang memiliki nutrisi protein yang tinggi. Yakni dalam Mempelajari Tips Membuat Pakan Ayam Bangkok Aduan Tinggi Protein Yang Mudah.

Mempelajari Tips Membuat Pakan Ayam Bangkok Aduan Tinggi Protein Yang Mudah

Pada dasarnya, pemberian pakan pada sang ayam tidak bolehlah sembarang. Melainkan perlu dikenali setiap nutrisi yang terkandung didalammnya. Dimana nantinya akan berguna untuk kualitas tarung sang ayam di atas arena laga.

Salah satu pakan yang sudah terkenal akan tinggi proteinnya adalah pemberian katul atau bekatul, yaitu dedak hasil dari penggilingan beras. Dimana kandungan katul dipercaya mampu dalam memenuhi nutrisi sang ayam seperti kandungan karbohidrat dan protein. Yakni kandungan karbohidrat mencapai 34-50% dan protein sebesar 12-15%.

Sedangkan bagi ayam bangkok dewasa, pemberian katul sangat cocok. Dimana kandungannya tersebut dapat menjadi sumber energi sehingga nantinya membuat sang ayam menjadi sangat lincah dan aktif dalam bergerak.

Selain itu, katul termasuk pakan yang memiliki harga standar. Dimana dengan uang 2.000 hingga 3.000 saja sudah dapat per kilonya. 

Simak Juga : Tips Membuat Pakan Ayam Bangkok Aduan Berkualitas Namun Murah

Tambahan Pakan Yang Kaya Protein

Selain katul, pakan ayam yang dikenal dengan protein yang tinggi adalah pemberian ikan teri. Kandungan proteinnya sendiri dapat mencapai hingga 42% dan tidak mengandung karbohidrat didalammnya. Ditambah lagi dengan nutrisi lainnya seperti mineral, kalsium dan fosfor yang tinggi sehingga cocok untuk proses pertumbuhan tulang sang ayam.

Berbeda dengan katul, tentu harga ikan teri ketimbang lebih mahal, meski demikian para bobotoh dapat menggunakan cara alternatif lainnya. Yakni dengan menggunakan ampas teri yang didapatkan langsung dari pabriknya.

Tips Pemberian Pakan Pada Sang Ayam Aduan

Untuk pemberiannya sendiri dapat dengan cara mencampurkan kedua bahan tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa pakan jenis ini hanya dapat diberikan kepada jenis ayam yang masih muda atau sudah dewasa dan jangan pernah diberikan kepada anakan ayam.

  • Pertama siapkan terlebih dahulu ampas ikan teri yang telah didapatkan
  • Kemudian cuci hingga bersih dari garam
  • Giling atau blender teri hingga setengah kasar
  • Terakhir para bobotoh dapat mencampurkannya secara langsung kepada dedak atau katul

Untuk perbandingannya sendiri yakni 60 : 40 dimana 60 untuk katul dan 40 untuk teri.  Untuk sisa makanan bisa disimpan dalam wadah atau toples yang ditutup rapat dan masukan ke dalam lemari es.

Simak Juga : 5 Rahasia Pakan Ayam Bangkok Juara Di Arena Sabung Ayam

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mengulik Manfaat Singkong Bagi Ayam Bangkok Aduan Dalam Atasi Penyakit , Salam hangat Situs Sabung Ayam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *