Tips Menumbuhkan Bulu Ayam Bangkok Yang Rusak Secara Alami

Tips Menumbuhkan Bulu Ayam Bangkok Yang Rusak Secara Alami

Dalam dunia sabung ayam online, menjaga penampilan pada setiap ayam bangkok aduan tentu menjadi tugas penting bagi setiap bobotoh. Dimana penampilan yang sehat dan terawat tentu menjadi modal tersendiri bagi sang ayam dalam menjalani laga tarung sehingga semakin percaya diri.

Adapun dalam perawatannya, sering kali bobotoh menemui kendala dalam seperti proses pertumbuhan bulu ayam yang sudah rusak usai bertarung. Biasanya, bulu ayam yang rusak sendiri dapat dikarenakan sejumlah faktor mulai karena pasca bertarung, mabung hingga pencabutan bulu yang sudah salah dari awal.

Simak Juga : Tips Menjaga Dan Merawat Bulu Ayam Bangkok Tetap Indah

Meski demikian, bobotoh tidak perlu risau pasalnya kini terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan dalam memperbaiki bulu ayam yang rusak. Yakni seperti dijelaskan Tim Arena Laga dalam Tips Menumbuhkan Bulu Ayam Bangkok Yang Rusak Secara Alami.

Tips Menumbuhkan Bulu Ayam Bangkok Yang Rusak Secara Alami

Pada dasarnya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan dalam proses menumbuhkan bulu ayam dengan cara alami. Dimana hal ini terbagi menjadi 4 cara dan sudah terbukti sehingga banyak diterapkan oleh botoh tua.

1. Cara Pertama yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian udang rebon yang mentah sebanyak 1-2 ons serta tambahan terasi. Dimana dalam pemberian pakan ini mampu menjadikan bulu ayam lebat. Berikan jagung sebagai pakan utama dan udah rebon sebagai tambahannya. Dan juga usahakan untuk menjaga ayam dari air atau tidak memandikannya serta menjauhkan dari sinar matahari.

2. Cara Kedua adalah melalui pemberian suplemen alami berupa minyak ikan serta jangkrik. Dimana kandungan nutrisi yang diberikan mampu memperkuat bulu ayam. Untuk takarannya dapat diberikan 5 ekor jangkrik setiap pagi dan sore hari dan dilanjutkan dengan pemberian minyak ikan setiap dua kali dalam satu minggu sebanyak dua butir.

3. Selanjutnya adalah pemberian vitamin B kompleks yang dipercaya membuat proses pertumbuhan bulu menjadi cepat serta lebat. Biasanya asupan vitamin B kompleks dapat ditemukan pada makanan seperti kacang polong, keju, sayuran hijau dan lain sebagainya.

4. Cara terakhir adalah dengan pemberian jamu berbahan tradisional khusus ayam aduan. Dimana usahkan untuk memberikan jamu yang berbahan alami serta memiliki tingkat kadaluarsa yang singkat.

Selain perawatan diatas, bobotoh juga perlu melakukan sejumlah perawatan tambahan lainnya. Biasanya bulu ayam akan kembali tumbuh ketika memasuki bulan 3-4 dan selama ini pula kondisi daya tahan tubuh ayam akan menurun. Untuk menjaganya, bobotoh dapat mencabut bulu yang baru tumbuh hingga tambahan asupan nutrisi lainnya.

Simak Juga : Tips Merontokan Bulu Ayam Bangkok Yang Sedang Mabung Dengan Cepat

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari Tips Menumbuhkan Bulu Ayam Bangkok Yang Rusak Secara Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *