Tips Merontokan Bulu Ayam Bangkok Yang Sedang Mabung Dengan Cepat

Tips Merontokan Bulu Ayam Bangkok Yang Sedang Mabung Dengan Cepat

Dalam dunia sabung ayam online, proses mabung atau nyulam tentu akan menjadi bagian rutin yang akan dialami oleh setiap ayam pada tahunnya. Dimana ayam dengan usia sekitar kurang dari 8 bulan akan mengalami masa satu ini sehingga perlu adanya perawatan berlebih.

Mabung atau rontoknya bulu ayam tentu memberikan sejumlah dampak pada tubuh ayam. Mulai dari nafsu makan berkurang dan lemasnya tubuh hingga terganggunya mental ayam karena tidak stabil. Umumnya, proses mabung sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama terlebih jika ayam memiliki masalah selama prosesnya.

Simak Juga : Manfaat Perawatan Bulu Ayam Bangkok Sebelum Bertanding

Meski demikian, kini bobotoh tidak perlu khawatir pasalnya terdapat sejumlah cara yang Tim Arena Laga sarankan dalam membantu proses mabung berjalan lebih cepat. Yakni dalam Tips Merontokan Bulu Ayam Bangkok Yang Sedang Mabung Dengan Cepat.

Tips Merontokan Bulu Ayam Bangkok Yang Sedang Mabung Dengan Cepat

Untuk mendapatkan bulu yang sehat dan cantik, tentu proses perontokan bulu harus terjadi sama rata pada seluruh bagian tubuh ayam. Terlebih kepada jenis ayam khusus petarung yang sudah rusak dari awal sejak berlaga sehingga membuat prosesnya akan berjalan lebih mudah dan cepat.

Namun sebelum prosesnya, diingatkan bagi setiap bobotoh untuk tidak pernah mencabut bulu ayam mulai dari bagian tubuh hingga sayap. Hal ini dapat membuat proses pertumbuhan menjadi lebih lambat terutama pada bagian sayap. Dimana nantinya waktu yang dibutuhkan dapat mencapai waktu 3-4 bulan sehingga menganggu aktivitas ayam.

Adapun untuk proses membuat bulu ayam menjadi lebih cepat rontok, bobotoh membutuhkan sejumlah bahan yang diperlukan. Yakni diantaranya seperti kandang ukuran lebar 1 meter, ragi sebagai bahan untuk fermentasi, dan terasi.

Proses Merontokan Bulu Ayam Aduan

1. Hal pertama adalah dengan memandikan ayam menggunakan ragi sebagai pengganti shampo. Biarkan dalam keadaan basah dan masukan ke dalam kandang yang sudah disiapkan. 

2. Berikan juga terasi sebagai pakan ayam selama berada dalam kandang. Hal ini akan membuat tubuh ayam menjadi hangat sehingga proses perontokan bulu akan berlangsung lebih cepat.

3. Selanjutnya tutup sangkar menggunakan kain atau selimut sehingga menjadikan kandang menjadi hangat baik pagi maupun malam hari. Biarkan selama hingga 7 hari dan usahakan untuk tidak membuka kandang kecuali pada saat pemberian pakan dan minum saja.

4. Terakhir atau sudah 7 hari lamanya, keluarkan ayam dan masukan ke dalam kandang baru yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Dan mandikan kembali ayam menggunakan obat penumbuh bulu (para botoh biasa menggunakan obat penumbuh bulu burung).

5. Masukan ayam dan kurung selama 1 bulan hingga seluruh bulu pada ayam rontok semua. Tepatnya ayam sudah mengalami pertumbuhan bulu baru. Perlu diperhatikan, bahwa selama perawatannya, pemberian asupan pakan ayam harus terpenuhi sehingga bulu ayam yang rontok dapat kurang dari waktu 3 bulan.

Simak Juga : Merawat Ayam Bangkok Mabung Atau Ganti Bulu Yang Benar

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari Tips Merontokan Bulu Ayam Bangkok Yang Mabung Dengan Cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *