Ukuran Ideal Ayam Bangok Untuk Dijadikan Sebagai Petarung Sejati

Ukuran Ideal Ayam Bangok Untuk Dijadikan Sebagai Petarung Sejati

Dalam dunia sabung ayam, faktor ukuran tubuh pada ayam aduan menjadi bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. Dimana ukuran ini sendiri mencakup tubuh ayam mulai dari berat hingga tinggi yang dimiliki.

Mengetahui setiap ukuran tubuh ayam sendiri memang sangat diperlukan sebelum benar-benar diturunkan langsung ke arena laga. Di Indonesia sendiri, ukuran pada tubuh ayam memiliki 6 skala. Yakni dari yang tekecil di skala 5 hingga terbesar di skala 10. Sayangnya untuk skala kurang dari 5 hingga lebih dari 10 ini sendiri masih sangat jarang ditemukan. Sebaliknya, rat-rata yang sering ada di Indonesia sendiri antaranya ada 7-8.

Simak Juga : 5 Jenis Ayam Aduan Terkenal Jagoan Bobotoh Di Indonesia

Dan pada artikel kali ini sendiri, Tim ArenaLaga akan menjelaskan patokan, skala hingga perbandingan ukuran ayam yang dikatakan ideal. Yakni dalam Ukuran Ideal Ayam Bangok Untuk Dijadikan Sebagai Petarung Sejati.

Ukuran Ideal Ayam Bangok Untuk Dijadikan Sebagai Petarung Sejati

Pada dasarnya penilaian skala dari 5 hingga 10 ini sendiri bukan berasal dari tinggi dan panjang melainkan dari ukuran setiap bobot ayam. Yakni dimulai dari skala 5 dengan bobot ayam yang berkisar antara 2,0 sampai 2,5 kg. Kemudian untuk ayam di skala 10 memiliki bobot antara 4,6 sampai 5,0 kg.

Untuk foto diatas sendiri biasanya lebih banyak digunakan untuk pertandingan kelas kalangan saja. Sedangkan untuk tingkat provinsi dan nasional tidak selamanya mematok ukuran tersebut. Melainkan ukuran yang digunakan lebih detail dan spesifik yakni seperti berikut.

  • Di kelas terbang bobot badan 2,8-2,89 kg.
  • Kelas bantam bobot badan 2,9-2,99 kg.
  • Kelas bulu bobot badan 3-3,20 kg.
  • Untuk Kelas ringan bobot badan 3,1-3,19 kg.
  • Kelas walter bobot ayam 3,2-3,29 kg.
  • Kelas menegah bobot badan 3,3-3,39 kg.
  • Di kelas menegah super bobot badan 3,4-3,49 kg.
  • Kelas berat ringan bobot badan 3,5-3,9 kg.
  • Kelas penjelajah bobot badan 3,6-3,69 kg.
  • Terakhir, kelas berat bobot badan lebih dari 3,8 kg.

Dimana penjelasan di atas sendiri menunjukan bahwa bobot antara kedua ayam harus seimbang. Seperti jenis ayam dengan ukuran yang besar tentu akan memiliki kemampuan tarung yang lebih hebat. Sehingga sebelum menarungkan ayam yang dimiliki tentu harus melihat dulu lawan yang akan ditarungkan. Dengan menarungkan dua jenis ayam yang seimbang tentu akan membuat jalannya pertandingan menjadi semakin lebih menarik.

Simak Juga : SIASAT LICIK KETIKA LAKUKAN ADU AYAM, HATI HATI

Demikianlah artikel yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan tentang Mempelajari Ukuran Ideal Ayam Bangok Untuk Dijadikan Sebagai Petarung Sejati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *