Ukuran Standar Ayam Bangkok Bagi Para Bobotoh Pemula

Ukuran Standar Ayam Bangkok Bagi Para Bobotoh Pemula

Istilah mengenai ukuran pada ayam bangkok memang sudah sangat familiar pada dunia sabung ayam . Ukuran pada ayam bangkok sendiri diibaratkan dengan berat dan tinggi badan pada ayam bangkok.

Ukuran pada ayam bangkok sendiri juga menjadi hal yang perlu diperhatikan sebelum digunakan untuk melakukan adu ayam. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai patokan, skala, serta perbandingan ukuran ayam bangkok  terkecil hingga ayam bangkok terbesar.

Umumnya, ukuran standar pada ayam bangkok  yang diterapkan di Indonesia sendiri memiliki 6 skala, yakni yang terkecil berukuran skala 5, hingga yang terbesar berukuran skala 10. Namun untuk ukuran yang bobotnya kurang dari 5 atau lebih dari 10 memang sering kali jarang kita temui, biasanya rata-rata ukuran yang dimiliki para bebotoh negeri ini adalah 7-8.

Untuk skala 5-8 yang ditentukan sendiri sebenarnya lebih ke penomoran dari urutan bobot ayam, dimana bukan untuk tinggi dan panjangnya ayam yang biasa orang banyak salah tafsirkan. Untuk ayam bangkok skala 5 ditentukan memiliki berat antara 2,0 sampai 2,5 kg dan untuk skala 10 ditentukan memiliki berat antara 4,6 sampai 5,0 kg.

Skala Ukuran Ayam BangkokRata-rata Bobot Badan
52,0 – 2,5 kg.
62,6 – 3,0 kg.
73,1 – 3,5 kg.
83,6 – 4,0 kg.
94,1 – 4,5 kg.
104,6 – 5,0 kg.

 

Skala yang diatas umumnya hanya diperuntukan untuk pertandingan ayam kelas kalangan, namun apabila sang ayam bangkok diadukan dalam tingkat provinsi dan nasional, maka penggunaan skala yang diatas tidaklah diberlakukan. Sebaliknya skala yang digunakan untuk ayam bangkok yang ditarungkan pada tingkat provinsi ke atas ialah mengikuti peraturan yang sudah dipatok sebagai berikut :

  1. Kelas terbang bobot badan 2,8-2,89 kg.
  2. Kelas bantam bobot badan 2,9-2,99 kg.
  3. Kelas bulu bobot badan 3-3,20 kg.
  4. Kelas ringan bobot badan 3,1-3,19 kg.
  5. Kelas walter bobot ayam 3,2-3,29 kg.
  6. Kelas menegah bobot badan 3,3-3,39 kg.
  7. Kelas menegah super bobot badan 3,4-3,49 kg.
  8. Kelas berat ringan bobot badan 3,5-3,9 kg.
  9. Kelas penjelajah bobot badan 3,6-3,69 kg.
  10. Kelas berat bobot badan lebih dari 3,8 kg.

Kedua skala yang sudah dijelaskan tadi dapat kita simpulkan bahwa sebelum menandingkan sang ayam, sebagai para bobotoh khususnya yang masih pemula haruslah selalu memiliki lawan yang seimbang. Wajar saja, pasalnya ayam bangkok yang memiliki ukruan bobot yang besar tentunya memiliki tenaga dan kemampuan tarung yang lebih baik ketimbang ayam bangkok yang baru akan dilatih. Maka tida heran apabila para botoh yang sudah berpengalaman akan lebih dulu melihat seberapa ukuran ayam lawan sebelum ditarungkan dengan ayam jagoan yang dimilikinya.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Ukuran Standar Ayam Bangkok Bagi Para Bobotoh Pemula yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *